Inflasi Cetak Rekor 8,5%, Ekonomi AS di Ambang Resesi

Selasa, 12 April 2022 - 21:05 WIB
loading...
Inflasi Cetak Rekor 8,5%, Ekonomi AS di Ambang Resesi
Ekonomi Amerika Serikat (AS) di ambang jurang resesi. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Indeks harga konsumen (CPI) Amerika Serikat (AS) pada Maret 2022 mencapai 8,5% melonjak signifikan dibandingkan bulan sebelumnya, yakni Februari sebesar 7,9%. Kenaikan tersebut mencetak rekor tertinggi sejak 1981 sekaligus memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan melanjutkan kebijakan kenaikan suku bunga pada bulan depan.



Dilansir Reuters, Selasa (12/4/2022), inflasi AS tercatat selalu berada di atas 6% selama 6 bulan berturut-turut. Angka inflasi tinggi sejak pandemi bertambah kuat seiring peperangan yang terjadi antara Rusia dan Ukraina di mana AS melibatkan diri dengan aneka sanksinya. Kebijakan tersebut semakin mendongkrak harga-harga komoditas energi, pangan, dan logam.

Laporan inflasi tersebut mengikuti data bulan lalu yang menunjukkan tingkat pengangguran turun ke level terendah 2 tahun di 3,6% pada bulan Maret. Inflasi yang tinggi dan The Fed telah membuat pasar obligasi AS semakin khawatir bakal terjadi resesi.



Sebelumnya pada April lalu, yield curve/kurva imbal hasil pasar obligasi AS sempat mengalami kondisi terbalik atau inverted di mana US treasury 2 tahun lebih tinggi dari imbal hasil US treasury 10 tahun, sebuah sinyal yang banyak ekonom menilai tak pernah salah memprediksi resesi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)