Bukan Eranya Lagi Tingkatkan Produksi Pertanian dengan Buka Lahan

Rabu, 13 April 2022 - 14:55 WIB
loading...
Bukan Eranya Lagi Tingkatkan Produksi Pertanian dengan Buka Lahan
Optimalisasi pemanfaatan lahan bisa meningkatkan produktivitas. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kebijakan intensifikasi dinilai dapat mendorong peningkatan produktivitas pangan melalui pemanfaatan lahan yang tersedia dan memaksimalkan penggunaan input pertanian berkualitas.



“Ketimbang menambah areal tanam baru (ekstensifikasi), arah kebijakan yang lebih mendesak untuk dilakukan adalah mengoptimalkan lahan yang ada (intensifikasi),” kata Aditya Alta, peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) dikutip Rabu (13/4/2022).

Penelitian CIPS memperlihatkan bahwa mendesaknya upaya peningkatan produktivitas dapat dilihat dari melandainya produksi per hektare sejumlah komoditas seperti padi, kedelai, dan bawang dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Permasalahan ketimpangan produktivitas antar-daerah saja belum dapat diatasi,” imbuh Aditya.



Penelitian CIPS juga menunjukkan, produktivitas pertanian padi di Jawa misalnya, mencapai 5,64 ton per hektare atau 23% lebih tinggi daripada produktivitas padi di luar Jawa yang 4,58 ton per hektare. Walaupun luas panen padi di luar Jawa mencakup sekitar 50% dari luas panen padi nasional, namun kontribusinya pada produksi padi nasional hanya sebesar 44%.

Penelitian yang sama juga merinci faktor-faktor penentu produktivitas padi di luar Jawa sebagai akses pada irigasi, penggunaan pupuk, dan penerapan pola tanam “jajar legowo” yang mengatur jarak antar benih.

"Potensi hasil pertanian di luar Jawa masih bisa meningkat signifikan jika faktor-faktor ini lebih ditingkatkan dan perluasan lahan bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas," terangnya.

Selain terbatasnya lahan yang masih memungkinkan untuk dibuka untuk pertanian, menurut Aditya, pembukaan lahan-lahan pertanian baru juga merupakan solusi yang tidak berkelanjutan karena meningkatkan deforestasi dan mengurangi daya dukung lingkungan.



Lanjutnya, kata dia, pemerintah seharusnya fokus pada peningkatan efisiensi lahan yang sudah ada, peningkatan kapasitas petani dan revitalisasi alat pertanian serta pabrik-pabrik yang sudah tua.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)