Kinerja Luar Biasa MNC Kapital Sepanjang 2021 Cetak Pendapatan Rp2.735 Miliar

Senin, 18 April 2022 - 16:26 WIB
loading...
Kinerja Luar Biasa MNC Kapital Sepanjang 2021 Cetak Pendapatan Rp2.735 Miliar
PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melaporkan hasil keuangan audit yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, dengan pendapatan konsolidasi sebesar Rp2.735 miliar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melaporkan hasil keuangan audit yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, dengan pendapatan konsolidasi sebesar Rp2.735 miliar.

Pendapatan BCAP tahun 2021 terutama berasal dari bunga dan dividen sebesar Rp1.532 miliar atau setara dengan 56,0% dari total pendapatan, diikuti oleh pendapatan pasar modal sebesar Rp434 miliar, kemudian pendapatan premi bersih sebesar Rp372 miliar.



Pada tahun 2021, Perseroan mencatatkan pertumbuhan pendapatan digital dari hanya Rp72 miliar pada tahun 2020 menjadi Rp145 miliar pada tahun 2021, peningkatan signifikan YoY sebesar 100,5%.

Laba sebelum pajak meningkat 97,4% dari Rp85 miliar di FY-2020 menjadi Rp167 miliar di sepanjang 2021 dengan margin meningkat hampir dua kali lipat menjadi 6,1% dari 3,2% tahun lalu.

Perseroan juga membukukan laba bersih sebesar Rp147 miliar untuk tahun 2021, naik 124,6% YoY, dari Rp66 miliar pada FY-2020, ini berarti peningkatan marjin laba bersih yang signifikan dari 2,5% menjadi 5,4%. Sedangkan total laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik perseroan tercatat sebesar Rp142 miliar.

Dari segi laporan posisi keuangan, Perseroan mencatat kenaikan jumlah aset dari Rp19.102 miliar ke Rp21.654 miliar, jumlah liabilitas naik 11,7% menjadi Rp15.646 milyar, dan jumlah ekuitas naik 17,9% dari Rp5.094 miliar menjadi Rp6.008 miliar.

“Perseroan telah memberikan hasil yang luar biasa pada tahun 2021 di tengah pandemi. Di tengah pandemi Covid-19, Perseroan terus meningkatkan inisiatif digitalisasi, berhasil meluncurkan dan melakukan rebranding layanan untuk meningkatkan jangkauan nasabah dan meningkatkan pengenalan merek,” ujar Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

Diterangkan juga, perseroan tidak bermaksud untuk berhenti di sini dan akan terus mengejar masa depan dengan ambisius. Di tahun 2022, Perseroan akan tetap haus akan pencapaian yang lebih baik, melalui pendirian usaha baru, investasi, maupun kemitraan strategis.



MNC Kapital ingin memastikan bahwa bisnis kami tidak hanya menguntungkan pemegang saham, tetapi juga sebagai agen perubahan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para pemegang saham dan investor yang telah meletakkan kepercayaan kepada BCAP, pengelolaan strategis yang luar biasa oleh para eksekutif di jajaran Dewan Komisaris dan Direksi serta semua karyawan yang memungkinkan Perseroan berdiri seperti sekarang dan memvisualisasikan masa depan," sambungnya.

Kinerja Anak Perusahaan

Kontributor pendapatan BCAP tertinggi berasal dari MNC Bank, menghasilkan 50,7% dari total pendapatan konsolidasi. Kemudian disusul oleh MNC Finance 10,7%, MNC Insurance 10,5%, MNC Life 9,9%, MNC Sekuritas 9,8%, MNC Leasing 5,5% dan MNC Asset Management 1,3%, Flash Mobile 0,8%, dan MNC Teknologi Nusantara 0,8%.

Perseroan memberlakukan beberapa perubahan strategis untuk mengubah brand dan memperluas layanan digitalnya, melayani lebih banyak pengguna dan meningkatkan pengenalan merek Motion Digital.

Perseroan mendirikan Motion Digital untuk mengintegrasikan semua bisnis berbasis transaksi di bawah satu entitas. Hal ini memungkinkan Perseroan untuk fokus pada branding dan pengembangan pengalaman pengguna yang mulus di seluruh platform digitalnya. Motion Digital terdiri dari:

MotionBanking by MNC Bank

Pada tahun 2021, MNC Bank meluncurkan MotionBanking setelah memperoleh lisensi digital onboarding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagai salah satu bank digital pertama di Indonesia, MotionBanking menawarkan pengalaman perbankan lengkap, memungkinkan nasabah membuka rekening, deposit, transfer, pembayaran online secara real-time dari smartphone.

Sejak diluncurkan, MNC Bank telah menandatangani beberapa perjanjian dengan pihak ketiga untuk memperluas ekosistemnya. Beberapa mitra terkemuka adalah Visa dan Mastercard untuk kartu debit dan kredit virtual, Kredit Pintar untuk penyaluran pinjaman peer-to-peer (P2P) dan Atome untuk program buy now pay later (BNPL), Pos Indonesia sebagai agen kas masuk dan keluar, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia untuk menjangkau usaha mikro, kecil dan menengah unbanked dan underbanked.

MotionTrade by MNC Sekuritas

Pada tahun 2021, MNC Sekuritas melakukan rebranding MNC Trade menjadi MotionTrade. MotionTrade adalah aplikasi perdagangan saham dan reksa dana online dengan fitur voice command pertama di Indonesia.

Dilengkapi dengan update berita dan riset berkala, serta fitur transaksi otomatis yang memudahkan para trader, MotionTrade juga dapat diakses tanpa hambatan melalui perangkat apa pun.

MotionTrade telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memverifikasi data calon investor dengan e-KYC sehingga pembukaan rekening dapat dilakukan sepenuhnya secara online. MotionTrade juga telah bekerja sama dengan 20 perusahaan manajemen aset, menjual 105 produk reksa dana elektronik di aplikasi MotionTrade.

MotionPay by MNC Teknologi Nusantara

MotionPay menyediakan e-money, e-wallet (MotionWallet) untuk pembayaran debit dan kartu kredit, dan pengiriman uang digital (MotionTransfer), dilengkapi dengan fitur QRIS dan MotionPoints, program loyalitas yang terhubung ke seluruh ekosistem MNC Group.
Pertumbuhan MotionPay tidak lepasdari berbagai mitra ternama, antara lain Baznas, Alfamart, Alodokter, Ruang Guru, KoinWorks, Pos Indonesia, Indosat, Blibli.com, dan ekosistem besar MNC Group.

Flash Mobile memiliki lisensi gerbang pembayaran untuk mendukung semua transaksi MNC Group dan pihak ketiga. Sebagai penyedia gerbang pembayaran, Flash Mobile menyediakan akses terintegrasi ke berbagai metode pembayaran, termasuk transfer bank, kartu debit dan kredit, gerai ritel, cicilan, QRIS, dan e-wallet.

Sebagai biller aggregator, FM melayani biller MNC Group dan lebih dari 2.500 merchant online dan offline untuk mengumpulkan pembayaran tagihan melalui integrasi Single API.

Flash Mobile juga berperan sebagai penyedia layanan nilai tambah untuk mendukung proses bisnis fintech, yaitu e-KYC, tanda tangan digital, Fraud Detection System (FDS), dan credit scoring.

Pengembangan Lain

Perseroan berupaya melakukan pengembangan digital dengan menjajaki peluang lain di dalam industri fintech melebihi penawaran layanan kami saat ini.

Motion Crypto

Perseroan memandang mata uang kripto sebagai peluang yang menguntungkan dan telah mengajukan lisensi platform jual beli aset digital kripto, yang akan diberi nama MotionCrypto.

Pengembangan platform berjalan dengan lancar dan sedang dalam tahap penyelesaian. Setelah disetujui, Perseroan dapat meluncurkan Motion Crypto dengan segera.

Perseroan menganggap langkah ini sebagai pintu MNC Group memasuki era digital baru Web 3.0. Pengembangan Web 3.0 lainnya meliputi token, NFT dan Metaverse, menggunakan intelektual properti yang dimiliki afiliasi, serta pasar NFT untuk menjual koleksi.

MotionSure, MotionLife

Perseroan berencana untuk mengubah persepsi mengenai proses rumit dan membosankan memilih asuransi dengan memperkenalkan platform asuransi digital di mana pengguna dapat dengan mudah membeli asuransi dengan MotionSure, aplikasi asuransi umum oleh PT MNC Insurance, dan MotionLife, aplikasi asuransi jiwa oleh PT MNC Life Assurance.

Perseroan baru-baru ini juga mengakuisisi broker asuransi. MNC Insurance Broker adalah platform broker yang akan datang oleh PT MNC Insurance Broker, dimana pelanggan dapat membeli asuransi dari berbagai penyedia asuransi.

Anak perusahaan baru ini akan menggabungkan semua paket asuransi dari mitra kami dengan biaya rendah untuk memberikan pilihan yang lebih terjangkau.

MotionCredit

MotionCredit adalah platform digital yang sedang dikembangkan untuk mengakomodasi tren pembiayaan digital untuk ritel, sepenuhnya digital end-to-end dari proses akuisisi, administrasi, dan koleksi.

MotionCredit akan menyediakan pembiayaan mobil, rumah, haji, dan pay later. Platform ini dibuat untuk meningkatkan jangkauan MNC Leasing dan MNC Finance ke pasar yang lebih luas.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)