4 Orang Terkaya di Korea Selatan, Didominasi Pewaris Samsung

Selasa, 19 April 2022 - 08:35 WIB
loading...
4 Orang Terkaya di Korea Selatan, Didominasi Pewaris Samsung
Lee Kun-Hee, Ubah Samsung Jadi Perusahaan Teknologi Dunia. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Tahukah kamu siapa saja deretan orang terkaya di Korea Selatan ? Diketahui, Korea Selatan berada di peringkat 10 besar tempat dengan miliarder terbanyak di dunia . Jumlah miliarder mencapai sekitar 45.

Dilansir dari South China Morning Post, berikut ini orang terkaya di Korea Selatan yang membentuk lanskap ekonomi negara itu menurut daftar 50 Orang Terkaya Korea versi Forbes.

1. Lee Kun-hee
Kekayaan bersih: USD16,4 miliar

Ketua konglomerat terbesar Korea, Samsung Group, adalah orang terkaya di Korea Selatan menurut daftar Orang Terkaya Korea Forbes 2019. Sejak pembukaan daftar tersebut, kekayaan bersih Lee, sebesar USD16,8 miliar, telah turun karena iklim ekonomi akhir-akhir ini.

Lee adalah putra ketiga dari pendiri Samsung, Lee Byung-chull, yang merupakan putra dari pemilik tanah kaya yang memulai perusahaan perdagangan hampir empat dekade lalu. Dia mengambil alih bisnis pada tahun 1987 segera setelah kematian ayahnya dan memperluas bisnis ke kejayaannya saat ini.

Kekayaannya termasuk istrinya, Hong Ra-hee, yang merupakan putri seorang taipan media di Korea. Selain elektronik, portofolio bisnis Samsung Group juga terdiri dari taman hiburan, layanan TI, asuransi, dan mode. Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Eropa Tahun 2022, Paling Tajir Punya Harta Rp2.253 Triliun

2. Seo Jung-jin
Kekayaan bersih: USD8,2 miliar

Orang terkaya di Korea Selatan berikutnya adalah Seo Jung-jin. Dalam waktu kurang dari 20 tahun, CEO perusahaan biofarmasi Celltrion, yang ikut mendirikan bisnis ini pada tahun 2002 dan mendaftarkannya secara publik pada tahun 2008, telah menjadi orang terkaya kedua di Korea Selatan.

Perusahaan mengembangkan biosimilar dan obat-obatan dalam pengobatan antara lain: kanker, influenza dan rheumatoid arthritis. Ini menerima persetujuan FDA untuk Herzuma biosimilar pengobatan untuk kanker payudara dalam kemitraan dengan Teva. Biosimilar populer di kalangan investor di Korea Selatan, dan Celltrion tetap menjadi salah satu perusahaan yang paling disukai untuk investasi.

3. Kim Jung-ju
Kekayaan bersih USD7,2 miliar
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3081 seconds (10.55#12.26)