Pandemi Tak Hentikan Infrastruktur Strategis yang Dibutuhkan

Jum'at, 19 Juni 2020 - 11:59 WIB
loading...
Pandemi Tak Hentikan Infrastruktur Strategis yang Dibutuhkan
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi Ridwan Djamaluddin mengatakan, dampak pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, sejatinya tidak boleh membuat sejumlah proyek infrastruktur, terutama yang menyangkut kepenitngan rakya banyak, terhenti begitu saja. Bagaimana pun, proyek-proyek itu sangat dibutuhkan.

"Berbagai proyek strategi nasional ini bukan sebuah angan-angan, tetapi juga sebagai kebutuhan, dan kebutuhan itu kan harus kita penuhi. Perihal anggaran pemerintah sebagian besar untuk penanganan Covid-19, bukan berarti pembangunan berbagai infrastruktur itu harus dihentikan. Sebab itu untuk kebutuhan jangka panjang masyarakat,” ujar Ridwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/6/2020).

Menurut Ridwan, pembangunan infrastruktur menjadi upaya pemerintah untuk menjaga produktivitas. Selain itu, proyek juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat. ( Baca:PT Garam Didorong Go International agar Impor Garam Tak Lagi 'Asin' )

“Itulah hakikat dari penyediaan infrastruktur, dan ini harus terus berjalan. Strateginya, ada beberapa yang di-reschedule, yang prioritas yang kami utamakan. Yang jelas berbagai proyek infrastruktur, utamanya yang strategis dan bermanfaat bagi masyarakat luas akan kami teruskan. Termasuk apabila diperlukan penataan dan penjadwalan ulang,” tambahnya.

Sebagai gambaran, Ia mencontohkan, proyek pembangunan bandara di Papua. Dari segi keekonomian proyek tersebut memang kurang menguntungkan. Namun, pemerintah tetap menjalankan proyek itu demi memenuhi kebutuhan distribusi logistik dan mobilisasi masyarakat.

“Walaupun keekonomiannya kurang, akan tetapi di sana banyak masyarakat yang membutuhkan untuk distribusi logistik dan mobilisasi masyarakat, maka itu wajib kita penuhi,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4777 seconds (0.1#10.140)