5 Pengusaha Batubara Terkaya di Indonesia, Nomor 3 Kelahiran Singapura

Selasa, 19 April 2022 - 14:49 WIB
loading...
5 Pengusaha Batubara Terkaya di Indonesia, Nomor 3 Kelahiran Singapura
Bisnis tambang batubara sukses membawa sejumlah pengusaha menjadi orang terkaya di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejumlah pengusaha tambang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes.
Tak mengherankan, sudah menjadi rahasia umum bahwa sektor pertambangan dikenal sebagai salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Salah satu bisnis tambang yang paling menguntungkan adalah tambang batubara. Terlebih, beberapa waktu belakangan ini harga batubara melesat cukup tinggi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah pengusaha batubara terkaya di Indonesia:

Baca Juga: Batu Bara Indonesia Ketiban Berkah Perang Rusia-Ukraina

1. Kiki Barki
Kiki Barki dengan perusahaannya PT Harum Energi Tbk tercatat sebagai salah satu produsen batubara terbesar di Indonesia. Dilansir situs Forbes, Harum Energi didirikan Kiki pada tahun 1995.

Saat ini, putra sulungnya yang bernama Lawrence Barki menjabat sebagai komisaris utama, sedangkan putra bungsunya Steven Scott Barki menjadi komisaris di perusahaan tersebut. Selain Harum Energi, pengusaha batubara ini juga memiliki tambang batubara milik pribadi yang diberi nama Tanito Harum.

Kiki Barki masuk dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021. Kiki berada di urutan ke-27 dengan total kekayaan mencapai USD1,6 miliar atau sekitar Rp22,88 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

2. Peter Sondakh
Pemilik perusahaan Rajawali Corpora ini juga dikenal sebagai salah satu pengusaha batubara tajir di Indonesia. Inspirasi bisnisnya ini mungkin menurun dari ayahnya yang merupakan seorang pebisnis juga.

Setelah mendirikan sebuah perusahaan investasi bernama Rajawali Corpora pada 1984, dia memperluas jaringan bisnisnya termasuk pada sektor pertambangan dan perkebunan.

Dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes tahun 2021, Peter Sondakh masuk ke dalam daftar tersebut di posisi ke-20. Kekayaan yang dimilikinya mencapai USD2,15 miliar (sekitar Rp30,75 triliun).

3. Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong merupakan pendiri Bayan Resources, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Pengusaha kelahiran Singapura ini pindah ke Indonesia pada 1972 dan mendirikan PT Jaya Sumpiles Indonesia yang bergerak di sektor konstruksi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2315 seconds (10.101#12.26)