Mendag Pastikan Harga Gula hingga Daging Stabil Jelang Lebaran

Selasa, 19 April 2022 - 15:26 WIB
loading...
Mendag Pastikan Harga Gula hingga Daging Stabil Jelang Lebaran
Mendag memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok jelang Lebaran aman. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan, selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri harga bahan pangan atau barang pokok stabil serta pasokan tercukupi. Diharapkan masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan khusyuk dan nyaman.



"Per tanggal 18 April 2022, harga rata-rata nasional seluruh bahan pokok stabil dan stoknya tersedia dengan aman," ujar Mendag secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Sebut saja gula. Saat Ramadhan gula menjadi barang pokok yang tak bisa dilepaskan oleh masyarakat. Pasalnya, komoditas ini sebagai bahan baku minuman manis atau makanan yang disedikan setiap berbuka puasa atau takjil.

Mendag melaporkan, harga gula pasir kini memang mengalami kenaikan, namun yang perlu dicermati, kenaikannya tidak tinggi, yakni sebesar 2,8% dari bulan lalu sehingga harga gula dibanderol Rp14.700/kg. Untuk stok, masyarakat diminta tak perlu waswas karena Kemendag pastikan stoknya cukup hingga dua bulan ke depan.

Berikutnya, daging sapi. Ramadhan dan Idul Fitri identik dengan masakan olahan daging sapi. Mendag menyampaikan, per tanggal 18 April harga rata-rata nasionalnya dibanderol Rp133.100/kg, naik tipis 0,6% dari minggu lalu.

"Akan tetapi secara keseluruhan masih lebih rendah 0,82% dari harga saat bulan Ramadhan tahun lalu," imbuh Mendag Lutfi.

Baca juga:General Motors Siap Hadirkan Mobil yang Bisa Ajari Sopir Mengemudi

Tak terkecuali daging ayam. Masyarakat pasti memerlukan daging ayam untuk masak opor ataupun jenis masakan lainnya. Mendag Lutfi menyatakan, harga daging ayam sudah turun 1,07% dari minggu lalu. Adapun harganya kini Rp37.100/kg. Sementara harga telur stabil di harga Rp26.100/kg.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)