Profesi Musiman Jelang Hari Raya, Inang-inang Gelar Lapak Penukaran Uang di Kota Tua

Minggu, 24 April 2022 - 20:29 WIB
loading...
Profesi Musiman Jelang Hari Raya, Inang-inang Gelar Lapak Penukaran Uang di Kota Tua
Para inang-inang menjajakan lembaran uang rupiah pecahan yang masih dalam kondisi baru di Jalan Raya Pantura, tepatnya di dekat flyover Pasar Pagi. Foto/MPI/Athika Rahma
A A A
JAKARTA - Jasa penukaran uang pecahan atau dikenal sebagai inang-inang selalu bermunculan jelang hari raya seperti lebaran dan imlek.

Sepekan jelang hari raya Idul Fitri tahun ini, para inang-inang yang tak lagi didominasi ibu-ibu pun bermunculan di Ibu Kota. Mereka membuka lapak di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta, sembari menunggu datangnya para pembeli.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI), para inang-inang menjajakan lembaran uang rupiah pecahan yang masih dalam kondisi baru di Jalan Raya Pantura, tepatnya di dekat flyover Pasar Pagi. Nominal yang tersedia beragam, mulai dari pecahan Rp5.000 hingga Rp20.000.

Salah seorang inang-inang yang ditemui MPI, sebut saja Andreas (bukan nama sebenarnya), mengatakan bahwa dirinya sudah menggelar lapak sejak Sabtu (23/4/2022).

"Ada yang sudah lama juga buka. Biasanya kita buka siang-sore, ada yang sampai malam juga," ujarnya kepada MPI, Minggu (24/3/2022).



Menurut Andreas, orang-orang yang menggunakan jasanya kebanyakan menukarkan uang mereka ke pecahan Rp5.000 dan Rp10.000. Uang-uang itu digunakan sebagai THR (Tunjangan Hari Raya) kepada anak-anak. "Saya bawa yang Rp5.000, Rp10.000, sama Rp20.000. Ya jutaan lah, totalnya," tuturnya.

Andreas mengaku senang karena pandemi Covid-19 sudah mereda sehingga tradisi mudik bisa kembali dilakukan. Dengan demikian, jasanya bisa diminati masyarakat. "Senang, tahun kemarin sepi karena nggak ada yang mudik. Semoga makin ramai (pembeli)," ucapnya.



Sebagai informasi, setelah dua tahun vakum akibat pandemi, Bank Indonesia tahun ini juga kembali membuka layanan penukaran uang rupiah baru melalui mobil kas keliling.

Tahun ini layanan tukar uang oleh BI hadir di 5.013 titik yang meliputi 453 titik penukaran di wilayah Jabodebek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek.



Masyarakat bisa mulai menukar pada 4-29 April 2022 dengan jumlah maksimum Rp3,8 juta per orang. Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)