Gantikan Pasokan Rusia, Diam-diam Eropa Beli Minyak Abu Dhabi

Selasa, 26 April 2022 - 13:52 WIB
loading...
Gantikan Pasokan Rusia, Diam-diam Eropa Beli Minyak Abu Dhabi
Para pembeli dari Uni Eropa disinyalir mulai membeli minyak dari Abu Dhabi untuk menggantikan pasokan minyak mentah dari Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
SINGAPURA - Sebuah unit pengiriman TotalEnergies Prancis untuk sementara menyewa sebuah kapal tanker guna memuat minyak mentah Abu Dhabi pada awal Mei ke Eropa. Menurut para pedagang dan laporan, pengiriman ini menjadi yang pertama dalam dua tahun.

Laporan pengiriman menunjukkan, CSSSA, armada pengiriman TotalEnergies, menyewa kapal tanker suezmax Moscow Spirit untuk memuat 1 juta barel minyak mentah Murban dari pelabuhan Jebel Dhanna di Uni Emirat Arab (UEA) untuk Inggris pada 1-3 Mei pada tingkat skala dunia 60 poin. Sementara, data Refinitiv Eikon menunjukkan minyak mentah Das Abu Dhabi terakhir dimuat ke Italia pada Mei 2020.



Jendela arbitrase untuk minyak mentah Timur Tengah menuju Eropa dibuka setelah pembeli Eropa menghindari minyak Rusia menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

"Lebih banyak kargo dari kadar minyak mentah Abu Dhabi - Murban, Das dan Upper Zakum - diperkirakan akan menuju Eropa dalam beberapa bulan mendatang untuk menggantikan kekurangan Rusia setelah Uni Eropa (UE) mempersiapkan lebih banyak sanksi terhadap impor minyak Rusia," kata para pedagang, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/4/2022).



Aliran perdagangan global dinilai menyesuaikan diri untuk mencerminkan perubahan dalam pasokan minyak Rusia. Rusia adalah pemasok minyak terbesar Eropa, menyediakan 26% dari minyak impor UE pada tahun 2020.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)