4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Cadangan Indonesia Paling Banyak

Kamis, 28 April 2022 - 11:09 WIB
loading...
4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Cadangan Indonesia Paling Banyak
Seorang karyawan bekerja di Pabrik Metalurgi Nadezhda perusahaan Nornickel, produsen nikel dan paladium terkemuka dunia, di kota Arktik Norilsk, Rusia. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Saat kendaraan listrik semakin populer di tengah upaya dunia mengurangi emisi karbon, maka negara-negara negara penghasil nikel tentu akan mendapat keuntungan besar. Pasalnya, nikel merupakan bahan baku untuk produksi baterai berbagai peralatan elektronik, termasuk untuk mobil listrik yang trennya kian menguat di skala global.

Baca Juga: Tesla Ketakutan Kekurangan Bahan Baterai Mobil Listrik, Dicari Tambang Nikel Potensial

Hal ini membuat nikel menjadi salah satu komoditas strategis yang penting bagi perekonomian. Lantas siapa saja negara-negara penghasil nikel yang bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Beberapa negara penghasil bahan tambang nikel tentu akan semakin diuntungkan di masa depan. Berikut 4 negara penghasil tambang nikel terbesar di dunia:

1. Indonesia

Siapa sangka, Indonesia dikenal sebagai penghasil nikel terbesar di dunia. Menurut data dari United States Geological Survei (USGS) Amerika Serikat, produksi nikel Indonesia mencapai angka 1 juta metrik ton pada tahun 2021 lalu, dan dapat dikatakan 37,04% nikel dunia berada di Indonesia.

Baca Juga: Larang Ekspor Nikel hingga Bauksit, Jokowi Tak Takut Digugat

Sebanyak 90% cadangan nikel Indonesia tersebar di beberapa wilayah, di antaranya Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Salah satunya digarap oleh PT Aneka Tambang melalui anak usahanya PT Gag Nikel.

Hingga saat ini Indonesia menjadi patokan atau tolak ukur dari negara lain yang ingin mengembangkan hasil tambang nikel ini. Komoditas nikel menambah panjang daftar karta karun tambang yang tertanam di bumi Indonesia.

2. Filipina
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1315 seconds (10.177#12.26)