4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Cadangan Indonesia Paling Banyak

Kamis, 28 April 2022 - 11:09 WIB
loading...
A A A
Negara tetangga Indonesia yakni Filipina menempati peringkat kedua sebagai negara penghasil nikel terbesar di dunia. Hasil tambang nikel Filipina mencapai angka 370 metrik ton, dimana jumlah lokasi pertambangan saat ini berkisar 30 tempat.

Filipina mengalami peningkatan hasil tambang yang cukup pesat, karena pada tahun 2019 Filipina hanya berada di posisi ke 6 di bawah Rusia, Kuba, Australia dan Brazil.

3. Rusia

Dari dataran Eropa, ada Rusia selanjutnya yang juga merupakan negara penghasil nikel terbesar. Produksi nikel Rusia sejumlah 250 ribu metrik ton. Negara ini juga dikenal memiliki potensi galian berupa sumber daya tambang dan mineral yang melimpah.

Jumlah ini setara dengan 9,25% produksi dunia. Cadangan nikel Rusia mencapai 7,5 juta ton. Ini merupakan cadangan nikel terbesar keempat dunia dengan porsi 7,9% dari total cadangan seluruh dunia.

Namun saat ini Rusia tengah berkonflik dengan Ukraina yang tentunya berdampak terhadap produksi tambang mereka. Perang Rusia Ukraina yang masih berlangsung ditambah sejumlah sanksi dari negara-negara Barat, membuat Indonesia bisa merajai pasar nikel.

4. New Caledonia

Negara keempat merupakan New Caledonia, yang merupakan daerah bagian dari Prancis dan berhasil masuk ke daftar penghasil nikel terbesar di dunia, tercatat produksi nikel New Caledonia sebesar 190 metrik ton.

Meskipun penghasilan tambang dari Negara ini bisa saja di ekspor ke Negara lain, namun tidak dilakukan. Alasan utamanya adalah bahan tambang ini akan digunakan untuk kegunaan pribadi Negara dan perbaikan industri.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3465 seconds (10.101#12.26)