Pintu Bagasi Pesawat Garuda Terbuka Saat Hendak Terbang, Dirut Minta Maaf

Kamis, 28 April 2022 - 19:19 WIB
loading...
Pintu Bagasi Pesawat Garuda Terbuka Saat Hendak Terbang, Dirut Minta Maaf
Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (tengah). Foto/Dok SINDOnews/Hasiholan Siahaan
A A A
JAKARTA - Maskapai PT Garuda Indonesia Tbk buka suara ihwal pintu kompartemen bagasi salah satu pesawat yang terbuka saat hendak lepas landas. Saat ini, manajemen perseroan tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya - Jakarta ini diketahui belum sepenuhnya tertutup, ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Menurut dia, saat itu pesawat telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan prosedur operasional baku yang berlaku.

Namun, ketika pesawat bersiap untuk push back, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna.



Kondisi tersebut juga terlihat oleh pilot melalui indikator di cockpit yang kembali menyala dan menunjukan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat.

"Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku," beber Irfan, Kamis (28/4/2022).

Saat itu, lanjut Irfan, petugas sudah melakukan pengecekan berulang dan menyeluruh, guna memastikan seluruh pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas.

Irfan memastikan pihaknya melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait.

"Untuk mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)