Cegah Antrean Pemudik di SPBU, Menteri ESDM Minta Pertamina Lakukan Dua Langkah Ini

Jum'at, 29 April 2022 - 07:30 WIB
loading...
Cegah Antrean Pemudik di SPBU, Menteri ESDM Minta Pertamina Lakukan Dua Langkah Ini
Menteri ESDM meminta Pertamina mencegah antrean di SPBU. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta Pertamina menjaga keterisian BBM di SPBU minimal 60% di masa mudik Lebaran untuk mencegah kepadatan mengisi serta kelangkaan BBM. Arifin juga meminta agar mobil BBM yang selalu siaga untuk menyuplai BBM ditambah jumlahnya.



"SPBU dijaga keterisiannya, minimum 60% harus terisi tangkinya, tentunya ditambah dengan penguatan tambahan mobil-mobil suplai (mobile storage). Saya minta mobil suplai ini terisi penuh sehingga dapat mendistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan," urai Arifin, dikutip Jumat (29/4/2022).

Arifin bersama rombongan juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalur mudik pantura. Berdasarkan hasil pemantauan ketersediaan stok BBM berada di level aman dan tidak ditemukan adanya kelangkaan.

"Selain ketersediaan BBM, kita juga minta adanya penguatan dari Pertamina agar tidak terjadi kekosongan, seperti ketersedian mobil-mobil kantong yang setiap saat bisa mengisi, itu harus bisa diamankan," ujar Arifin.



Menurut Arifin, secara umum tidak ditemui kendala terkait ketersediaan BBM di SPBU justru yang terjadi saat ini adalah kepadatan arus lalu lintas masyarakat. Menurutnya, kepadatan lalu lintas yang luar biasa ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

"Dari ketersediaan BBM, saya kira tidak ada masalah yang berarti, hanya kita lihat situasi kepadatan arus lalu lintas ini memang luar biasa," jelas Arifin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Infrastruktur Dan Logistik PT Pertamina (Persero) Mulyono mengatakan arus mudik dari Jakarta menuju arah timur sudah mulai ramai, namun sebaliknya yang ke arah barat masih terlihat lancar.



"Dua SPBU yang kita cek bersama Menteri ESDM, alhamdulillah meski terjadi peningkatan permintaan, stok aman dan pelayanan juga masih normal, tidak ada antrean. Mudah-mudahan sampai selesai libur Lebaran semua bisa terkontrol dengan baik," jelas Mulyono.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4593 seconds (0.1#10.140)