Pertama Sejak Pandemi, Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Lampaui 1.000 Flight

Jum'at, 29 April 2022 - 20:16 WIB
loading...
Pertama Sejak Pandemi, Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Lampaui 1.000 Flight
Penumpang di bandara internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Arus mudik menggunakan angkutan udara meningkat jelang lebaran . Ini terlihat dari pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Kamis (28/4) atau H-4 lebaran yang menembus 1.054 flight.

Jumlah tersebut merupakan capaian tertinggi pergerakan pesawat di masa pandemi. Sebelum pandemi, pergerakan pesawat bisa mencapai hingga 1.200 flight per hari.

“Saya gembira sekali. Ini pertama kali melampaui 1.000 flight dalam dua tahun terakhir selama pandemi. Semoga ini merupakan tanda bahwa pemulihan industri penerbangan sudah terjadi,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau situasi di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/4/2022).



Menurut Menhub, capaian ini membuktikan bahwa sektor penerbangan tetap mampu melayani secara maksimal di tengah jumlah pesawat yang terbatas.

“Apa yang dilakukan adalah dengan memperpanjang durasi pergerakan pesawat yang tadinya sehari 8 penerbangan menjadi 10 penerbangan. Begitu juga bandara beroperasi lebih lama bahkan sampai 24 jam seperti di Bandara Soekarno-Hatta,” tuturnya.



Menhub meminta kepada seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan untuk terus meningkatkan pelayanannya seiring dengan mulai meningkatnya pergerakan di sektor penerbangan.

“Saya mengapresiasi kolaborasi sektor penerbangan bersama dengan rekan-rekan kepolisian yang juga memberikan dukungan pengamanan berjalan dengan baik,” tandasnya.



Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Airnav Indonesia Polana B Pramesti mengatakan, diprediksi hari kemarin merupakan puncak dari pergerakan di Bandara Soetta.

“Sebelumnya (kemarin lusa) sempat mencapai 1.005 flight. Dan hari ini kelihatannya pergerakan pesawat mulai menurun,” ungkapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)