Pantau Mudik, Menhub Pastikan Kemacetan di MBZ hingga Merak Mulai Terurai

Minggu, 01 Mei 2022 - 08:05 WIB
loading...
Pantau Mudik, Menhub Pastikan Kemacetan di MBZ hingga Merak Mulai Terurai
Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera antre di Pelabuhan Merak Banten H-2 Lebaran. FOTO/Antara
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kepadatan kendaraan di Merak dan sejumlah titik jalur mudik mulai terurai sejak kemarin sore H-1 Lebaran . Hal tersebut disampaikan saat meninjau Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub, Jakarta, Sabtu (30/4) malam.

"Setelah tadi pagi sampai siang saya ke Merak. Kami melakukan satu upaya untuk menambah Pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sore ini kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP terjadi satu penurunan antrian kendaraan menjadi lebih pendek," ujar Menhub Budi, dalam keterangnnya, Minggu (1/5/2022).



Tak hanya itu, dua pelabuhan tambahan juga telah disiapkan kapal tambahan di dermaga Ciwandan sebanyak 9 kapal dan dermaga Indah Kiat 2 kapal. "Di Merak sendiri sudah ada 44 kapal. Jadi total sekarang sudah ada 53 kapal," tutur nya.

Dengan adanya dua pelabuhan dan kapal tambahan dapat mengalihkan sekitar 3.000 penumpang sehingga dapat memecah kepadatan yang ada di Merak. Selain di penyeberangan, kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta ke arah timur hingga GT Kalikangkung Semarang juga relatif lebih lancar.

"Seperti terlihat di CCTV Posko Jasa Marga, dari KM 70–KM 414 Kalikangkung (Semarang) terpantau lancar, begitu juga di Cipularang dan tol layang MBZ tidak ada kemacetan," jelas Menhub.

Sementara di sektor udara, Menhub mengatakan, telah terjadi penurunan pergerakan penumpang pada hari ini Sabtu (30/4) atau H-2 dibanding Jumat (29/4) atau H-3 kemarin. "Setelah pergerakan pesawat sempat menembus 1.054 flight. Hari ini relatif turun sekitar 900 flight," ucap Menhub.



Begitu pun di sektor transportasi laut, terpantau tidak ada kejadian yang menonjol dan pergerakan penumpang kapal relatif sudah terkendali.

"Saya sampaikan terima kasih kepada para petugas yang bekerja di lapangan, terutama kepada rekan-rekan kepolisian yang bekerja luar biasa mengatur lalu lintas, dalam upaya mewujudkan mudik yang aman dan sehat dan menbawa kegembiraan bagi masyarakat," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)