Mampukah Larangan Ekspor Komponen Elektronik Menggerus Kekuatan Militer Rusia?

Senin, 02 Mei 2022 - 09:48 WIB
loading...
A A A
Tiga puluh tiga negara telah bergabung bersama dengan satu strategi kontrol ekspor," kata Asisten Sekretaris Administrasi Ekspor di Departemen Perdagangan Thea Kendler, seperti dilansir Reuters

Sementara hanya sekitar 5% dari impor Rusia berasal dari Amerika Serikat, Kendler mengatakan, Uni Eropa dan negara-negara koalisi lainnya menyumbang sekitar 50% dari impor Rusia. Kontrol ekspor tidak pernah diharapkan memiliki efek langsung, katanya, tetapi mencatat pemerintah Ukraina melaporkan dua pabrik tank utama Rusia menghentikan pekerjaan karena kurangnya komponen asing.

Baikal Electronics, sebuah perusahaan semikonduktor dan produsen komputer Rusia, terputus dari sirkuit terpadu untuk mendukung pengawasan, server, dan peralatan komunikasi domestik lainnya, tambahnya.

TSMC Taiwan, pembuat chip kontrak terbesar di dunia, keluar dari pasar Rusia, memotong Pusat Teknologi SPARC Moskow (SPN.AX) ke chip Elbrus, yang banyak digunakan dalam sistem intelijen dan militer Rusia, katanya. Produksi mobil berhenti karena kontrol ekspor merampas suku cadang dan pasokan yang dibutuhkan.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)