Mudik Lebaran 2022 Lancar Berkat Infrastruktur yang Memadai

Jum'at, 06 Mei 2022 - 22:22 WIB
loading...
Mudik Lebaran 2022 Lancar Berkat Infrastruktur yang Memadai
Arus balik Lebaran di jalan tol Solo-Semarang menuju arah Jakarta dan Jawa Barat terpantau padat namun lancar. Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai aktivitas mudik Lebaran tahun ini relatif lancar dan tanpa kendala berarti. Hal ini tak terlepas dari ketersediaan infrastruktur yang memadai sebagai faktor utama pendukung mudik.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah melalui kementerian terkait seperti Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR berbuah positif.

Dia pun mengapresiasi peran para menteri pembantu presiden Joko Widodo, salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir.

“Meski terjadi kemacetan (saat mudik), namun dampak pembangunan infrastruktur yang dilakukan Erick Thohir sudah dapat dirasakan oleh masyarakat," ujar Trubus, Jumat (6/5/2022).



Dia menyontohkan, infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara memberikan solusi nyata bagi masyarakat yang membutuhkan konektivitas.

Menurut dia, kebijakan membangun infrastruktur yang dilakukan selama ini melalui BUMN memiliki banyak manfaat.

Trubus menilai, utang yang besar untuk membangun jalan tol akan tertutup dengan prestasi pemerintah dalam memberikan layanan terbaik kepada publik.

Infrastruktur jalan tol yang dibangun pemerintah melalui BUMN memberikan solusi konkret mengurangi dampak kemacetan akibat mudik lebaran. "Jika tak ada pembangunan jalan tol, pasti terjadi kemacetan arus mudik yang luar biasa," ucap Trubus.

Terkait antrean panjang di Pelabuhan Merak, menurut Trubus bukan karena keterbatasan infrastruktur pelabuhan yang secara kapasitas Pelabuhan Merak sudah sangat memadai untuk menampung arus mudik dan balik lebaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)