Ini 3 Negara dengan Harga Minyak Goreng Termurah

Minggu, 08 Mei 2022 - 20:51 WIB
loading...
Ini 3 Negara dengan Harga Minyak Goreng Termurah
Harga minyak goreng sempat melambung tinggi di Indonesia beberapa waktu yang lalu hingga menyebabkan polemik berkepanjangan. Lalu negara manakah yang menjual minyak goreng dengan harga paling murah ini daftarnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Harga minyak goreng sempat melambung tinggi di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kondisi ini tentunya membuat masyarakat resah, bahkan sempat terjadi antrian panjang demi mendapatkan minyak goreng di beberapa daerah.

Melihat kondisi ini, pemerintah mencabut aturan HET (Harga Eceran Tertinggi) minyak goreng kemasan. Pemerintah hanya menetapkan HET untuk minyak goreng curah di pasar tradisional. Dampaknya, harga minyak goreng kemasan melonjak tajam menyentuh harga Rp25.000 per liter.

Baca Juga: Mengatasi Licinnya Harga Minyak Goreng

Lonjakan harga minyak goreng ini tidak hanya terjadi di Indonesia, hal ini disebabkan karena turunnya produksi kelapa sawit yang menjadi bahan baku minyak goreng adalah salah satu penyebabnya. Alasan lain adalah adanya kenaikan permintaan Crude Palm Oil (CPO) untuk kebutuhan biodisel di tengah terbatasnya sawit.

Produksi minyak nabati dunia pada tahun 2022 juga diprediksi tidak akan berbeda jauh dengan tahun 2021 saat pandemi tidak terkendali. Padahal permintaannya akan terus bertambah. Di Indonesia sendiri kenaikan harga minyak juga disebabkan oleh permintaan biodiesel untuk program B30, yakni kewajiban pencampuran solar sebesar 70% dengan biodiesel sebesar 30%.

Baca Juga: Menguak Gonjang-ganjing Harga Minyak Goreng

Tujuannya supaya laju impor BBM semakin berkurang dan meningkatkan devisa negara. Namun, pengembangan program tersebut mengalami kendala tersendiri di mana produksi CPO turun dan berpengaruh pada ketersediaan bahan berbahan dasar minyak mentah.

Dilansir dari globalproductprices.com pada Maret 2022. Inilah 3 negara yang memiliki harga minyak goreng termurah.

1. Argentina
Urutan pertama ditempati Argentina. Negara yang berada di daerah Amerika Latin ini memiliki kisaran harga minyak goreng USD1.51 atau sekitar Rp21.779 per liternya.

2. Belarusia
Posisi berikutnya adalah Belarusia, harga minyak goreng di Belarusia mencapai USD1.57 atau sekitar Rp 22.661 per liter.

3. Irlandia
Irlandia berada di posisi ketiga sebagai negara dengan harga minyak goreng termurah. Harga minyak goreng di Irlandia berkisar di USD1.58 atau sekitar Rp22.806 per liternya.

Itu adalah 3 negara yang memiliki harga minyak goreng termurah, dari 89 negara yang berada dalam daftar globalproductprices.com. Harga rata-rata minyak goreng dalam situs tersebut yakni USD2.80.

Harga terendah adalah USD1.51 (Argentina), sedangkan harga tertinggi yakni sebesar USD4.98 USD (Afrika Selatan). Indonesia sendiri menempati urutan ke-26 dengan harga minyak goreng USD3.36 dalam list itu.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1916 seconds (10.101#12.26)