Program Pertamina Village Raih Penghargaan Internasional

Minggu, 21 Juni 2020 - 12:58 WIB
loading...
Program Pertamina Village Raih Penghargaan Internasional
Pertamina raih penghargaan internasional. FOTO/Ilustrasi/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan internasional lewat program sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina Village. Melalui program tersebut Pertamina memperoleh penghargaan Bronze International CSR Exellence Award dengan dua Platinum dan tiga Gold ISDA Award.

"Program Pertamina Village merupakan program membangun desa mandiri energi, siaga bencana dan tujuan para wisatawan," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (21/6/2020).

(BACA JUGA: Pertamina Raih Penghargaan Internasional EFMD EIP Gold Award)

Menurut dia melalui program tersebut ada sebanyak 62 desa binaan yang melibatkan 43.000 warga dengan menghasilkan 131 diversifikasi produk dan meningkatkan kunjungan wisawatan setiap tahunnya. Disamping itu, Pertamina juga menjalankan program Pertamina Sehati di mana tujuannya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka mencapai implementasi Suistainable Development Goals (SDGs) bidang kesehatan.

"Ada sekitar 500.000 penerima manfaat program Pertamina Sehati. Selain itu, kami juga melakukan pemberdayaan 119 Posyandu dan Puskesmas," kata dia.

Fajriyaha mengatakan, tahun lalu progran Pertamina Sehati mendapatkan penghargaan dari Bronze PR Asia Award Hongkong yakni satu Platinum dan satu Silver Indonesia SDG’s Award. Tidak hanya itu Pertamina juga menjalankan program Creating Shared Value (CSV).

"Lewat program ini, di tahun 2019, Pertamina mendapat penghargaan sebagai Best Corporate Suistainability 5 Desa Mandiri Energi," kata dia.

Melalui program CSV ini, Pertamina juga membuat 83 bengkel mandiri Enduro serta memberikan Enduro Student Program kepada 192 siswa, di mana siswa tersebut mendapat pelatihan teknik sepeda motor yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) setempat, praktik kerja, mentorship dari bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahawan, serta pendampingan enterpreunership perbengkelan.

"Selain itu, lewat program CSV tersebut Pertamina juga meraih penghargaan Peringkat I Desa Mandiri Energi Kementerian BUMN. Pertamina juga melakukan sertifikasi safetyman and securityman terhadap lebih dari 700 warga lokal di berbagai wilayah Indonesia," tutur Fajriyah.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)