Korporasi Membaik, BI Ramal Kredit Perbankan Tumbuh 9% di 2022

Jum'at, 13 Mei 2022 - 19:03 WIB
loading...
Korporasi Membaik, BI Ramal Kredit Perbankan Tumbuh 9% di 2022
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan tumbuh di kisaran 7-9% di 2022. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan tumbuh di kisaran 7-9% di 2022. Hal ini karena dia menilai sektor perbankan semakin optimistis untuk menyalurkan kredit di 2022. Kondisi tersebut sejalan dengan pemulihan ekonomi yang berhasil tumbuh 5,01% year on year (yoy) di Kuartal I 2022.

"Perbankan semakin yakin, semakin confident untuk menyalurkan kredit. Alhamdulillah ekonomi kita mampu tumbuh lebih dari 5%," ujar Perry dalam acara Peluncuran Buku Kajian Stabilitas Keuangan No.38 Maret 2022 di Jakarta, Jumat (13/5/2022).



Optimisme perbankan untuk menyalurkan kredit di tahun 2022 didorong oleh pulihnya kinerja penjualan sektor korporasi. Perry mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan korporasi telah menembus 10%, sehingga permintaan kredit modal kerja semakin meningkat. Bahkan, kabar baik lainnya, yakni scarring effect akibat pandemi Covid-19 terhadap sektor korporasi mulai berkurang.

"Ini semua tentunya tidak lepas dari peran lembaga-lembaga yang tergabung dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melalui kebijakan yang mendorong kredit pembiayaan untuk sektor prioritas," ungkap Perry.



Adapun peran dari sisi pemerintah adalah melalui program reformasi struktural dalam menyediakan iklim investasi yang kondusif, tata niaga, perpajakan, infrastruktur, digitalisasi keuangan dan implementasi Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) atau Omnibus Law.

"Bank sentral telah melakukan reformasi struktural di pasar keuangan, pendalaman pasar keuangan, digitalisasi sistem pembayaran, dan mendukung upaya pembiayaan bagi ekonomi untuk meredam scarring effect tersebut," pungkas Perry.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)