BUMN Akan Distribusi Minyak Goreng Curah Rp14.000 di 5.000 Titik

Minggu, 15 Mei 2022 - 11:30 WIB
loading...
BUMN Akan Distribusi Minyak Goreng Curah Rp14.000 di 5.000 Titik
Kementerian BUMN akan sebar minyak goreng curah Rp14.000 di 5.000 titik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN menargetkan distribusi minyak goreng curah harga Rp14.000 per liter di 5.000 titik di pasaran. Pilot project ini akan direalisasikan ID Food, holding BUMN pangan.



Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menjelaskan, pilot project ke 5.000 titik ini akan dilaksanakan holding BUMN pangan bersama anak usahanya di sektor perdagangan, yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan Rajawali Nusindo.

“Target pilot project distribusi minyak goreng curah harga Rp14.000 per liter akan didistribusikan ke 5.000 titik lokasi yang tersebar seluruh Indonesia hasil sinergi BUMN dan Kementerian Perdagangan, kementerian terkait hingga private sector," ujar Pahala dikutip Minggu (15/5/2022).

Pilot project distribusi minyak goreng ke 5.000 titik lokasi, lanjut dia, ditargetkan terlaksana mulai saat ini. Perdananya dilakukan di titik lokasi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ditargetkan hingga akhir Mei 2022 terdistribusi ke 5.000 titik lokasi pasar tradisional lainnya di antaranya wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan dan Sulawesi.



Pahala juga meminta BUMN Pangan mengembangkan market dengan menggandeng pengusaha kecil dan pengecer untuk mendistribusikan minyak goreng. Langkah ini sekaligus meningkatkan peran BUMN dalam menjaga pasokan pangan di dalam negeri.

Artinya, peran para pengecer minyak goreng menjadi kepanjangan BUMN pangan saat penyediaan pasokan minyak goreng.

“Tidak hanya pedagang maupun pengusaha skala besar, para pengecer atau warung-warung bahkan usaha mikro kecil pun bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng," ungkapnya.

Diakuinya, isu minyak goreng saat ini tidak hanya soal kelangkaan, melainkan upaya stabilisasi harga sesuai ketetapan pemerintah bahwa minyak goreng curah sebesar Rp14.000 per liter, mengingat masih banyak para pengecer maupun warung kecil yang masih menjual diatas HET.



“Di sinilah peran BUMN dalam menggandeng pengecer agar masyarakat dengan mudah mendapatkan minyak goreng dan harga terjangkau," tutur Pahala.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)