Muak dengan Sanksi Barat, Rusia Berencana Mundur dari WTO

Rabu, 18 Mei 2022 - 08:44 WIB
loading...
Muak dengan Sanksi Barat, Rusia Berencana Mundur dari WTO
Rusia berencana mundur dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang dinilai mengabaikan semua kewajiban terkait Rusia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Majelis rendah Parlemen Rusia, Duma Negara, berencana untuk membahas kemungkinan penarikan negara itu dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kementerian Luar Negeri mengirimkan daftar kesepakatan tersebut ke Duma Negara, dan bersama dengan Dewan Federasi (majelis tinggi parlemen) kami berencana untuk mengevaluasi mereka dan kemudian mengusulkan untuk menarik diri dari mereka," kata Wakil Ketua Parlemen Pyotr Tolstoy, seperti dikutip Russia Today, Ranu (18/5/2022).



Wakil pembicara mengatakan bahwa Rusia telah membatalkan keanggotaannya di Dewan Eropa, dan selanjutnya meninggalkan WTO dan WHO. "Rusia menarik diri dari Dewan Eropa, sekarang langkah selanjutnya adalah menarik diri dari WTO dan WHO, yang telah mengabaikan semua kewajiban terkait negara kita," katanya.

Tolstoy menambahkan bahwa pemerintah diharapkan untuk merevisi kewajiban dan perjanjian internasional Rusia yang saat ini tidak membawa manfaat apa pun tetapi secara langsung merusak negara.



Pada bulan April, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pembatasan ilegal yang ditempatkan pada perusahaan Rusia oleh negara-negara Barat bertentangan dengan aturan WTO, dan mengatakan kepada pemerintah untuk memperbarui strategi Rusia dalam organisasi pada 1 Juni.

Keputusan itu diambil di tengah sanksi Barat yang diberlakukan terhadap Moskow atas operasi militernya di Ukraina yang diluncurkan pada akhir Februari. Sejak itu, Rusia telah dikenai sekitar 10.000 pembatasan yang ditargetkan, menjadikannya negara yang paling terkena sanksi di dunia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)