Menteri Siti Nurbaya Minta Swasta Turut Perbaiki Lingkungan

Rabu, 18 Mei 2022 - 17:51 WIB
loading...
Menteri Siti Nurbaya Minta Swasta Turut Perbaiki Lingkungan
Menteri Siti Nurbaya meminta dunia usaha turut memperbaiki lingkungan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan diperlukan lebih banyak kerja sama pemerintah badan usaha ( KPBU ), terutama dalam pemulihan lingkungan .



Jika pemulihan ekonomi dilakukan dengan menggelontorkan dana APBN melalui program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), maka menurut Siti Nurbaya berbeda dengan pemulihan lingkungan yang memerlukan kerja sama dengan badan usaha.

Penekanan itu bukan tanpa alasan, menurutnya, sektor usaha juga harus terlibat untuk melihat isu lingkungan yang terjadi saat ini. Jangan hanya melakukan aktivitas ekonomi, namun lupa untuk turut memperbaiki lingkungan.



"KPBU ini menjadi sangat penting dan bermanfaat dalam lingkungan badan usaha, tentu untuk company branding, dan juga sebagai kompensasi kewajiban," ujar Siti Nurbaya di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Siti Nurbaya menilai pemulihan lingkungan juga merupakan sebagian kewajiban perusahaan swasta. Makanya, sektor swasta juga harus berpartisipasi dalam pemulihan lingkungan.

"Ini sebagai kontribusi secara kolektif, jadi ini yang sedang kita kembangkan," sambungnya.

Menurutnya saat ini kegiatan pemulihan lingkungan yang perlu diperbanyak adalah membangun persemaian (nursery) di berbagai daerah. Sehingga diharapkan dari sana bisa menghasilkan bibit pohon yang bagus untuk selanjutnya ditanam.



"Kita menang harus akui kalau bekerja bersama dengan dunia usaha/swasta itu sangat terukur, dan kecepatannya juga bisa dikontrol dengan baik," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)