5 Manusia Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Kuasai Setengah Stok Emas Dunia

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:34 WIB
loading...
5 Manusia Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Kuasai Setengah Stok Emas Dunia
Gambaran Kaisar Mali Mansa Musa (1280-1337) yang emas dan kekayaannya tak terbilang jumlahnya. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Saat ini, dunia mencatat pendiri SpaceX Elon Musk sebagai manusia terkaya di dunia. Mengutip Forbes, nilai bersih real-time kekayaan yang dikantongi CEO Tesla itu adalah USD218 miliar, atau sekitar Rp3.117 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Namun, dengan jumlah kekayaan yang sulit dibayangkan itu Musk bukanlah manusia terkaya yang pernah dicatat sejarah. Sejumlah tokoh di masa lalu ternyata menyandang predikat sebagai manusia terkaya di dunia, dengan harta yang tak bisa dihitung nilainya.

Baca Juga: 5 Orang Terkaya di Arab Saudi

Kendati ada sejumlah perbedaan mengenai urutannya - tergantung pada sumbernya, sejarah menyepakati sosok yang ada pada urutan pertama. Mengutip Indiatimes.com, berikut 5 manusia terkaya sepanjang sejarah manusia:

5 Manusia Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Kuasai Setengah Stok Emas Dunia


1. Mansa Musa (1280-1337)
Kekayaan penguasa Kekaisaran Mali yang hidup dari tahun 1280 hingga 1337 ini sungguh tak terhitung dalam arti sebenarnya. Musa disepakati sejarawan sebagai orang terkaya sepanjang masa.

Sekadar gambaran betapa kayanya Musa, wilayahnya dulu menghasilkan setengah dari stok emas dunia. Kisah Mansa Musa naik haji yang tercatat baik dalam sejarah menunjukkan betapa banyaknya emas yang dimiliki sang kaisar.

Selama ziarah ke Mekah, ia disebut membawa 60.000 orang bersamanya, yang masing-masing membawa hampir 2 kg emas. Rombongan ini juga membawa ratusan unta yang masing-masing mengangkut sekitar 125 kg emas.

Begitu borosnya Musa, selama 3 bulan ia tinggal di Kairo harga emas anjlok di wilayah itu selama 10 tahun, menghancurkan ekonomi. Mengutip BBC.com, Perusahaan teknologi yang berbasis di AS, SmartAsset.com, memperkirakan bahwa karena depresiasi emas, perjalanan haji Mansa Musa menyebabkan kerugian ekonomi sekitar USD1,5 miliar (Rp21,5 triliun) di seluruh Timur Tengah.

5 Manusia Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Kuasai Setengah Stok Emas Dunia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0998 seconds (10.55#12.26)