Cek Kecukupan Gas Bumi untuk Industri, BPH Migas Kunjungi Lapangan Gas TGI Batam

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:02 WIB
loading...
Cek Kecukupan Gas Bumi untuk Industri, BPH Migas Kunjungi Lapangan Gas TGI Batam
Kepala BPH Migas Erika Retnowati melihat langsung proses bisnis penyaluran gas bumi untuk pemenuhan kebutuhan industri di Batam, Kepulauan Riau juga Singapura. (Foto Humas BPH Migas)
A A A
BATAM - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan kunjungan lapangan ke fasilitas PT Transportasi Gas Indonesia (PT TGI) di wilayah Regional Office IV – Batam hingga batas perairan Negara Singapura tepatnya di Stasiun Pemping dan Stasiun Panaran, Kamis (19/05) untuk mengecek kecukupan dan kelancaran penyaluran distribusi gas industri di wilayah Batam, Kepulauan Riau dan Singapura.

“Dengan kunjungan lapangan ini, kami bisa melihat proses bisnis penyaluran gas bumi untuk pemenuhan kebutuhan industri di Batam, Kepulauan Riau juga Singapura. Serta menginventarisir kendala kendala yang terjadi di lapangan, sehingga pelayanan kepada stakeholder tetap optimal” ujar Kepala BPH Migas, Erika Retnowati.

Lebih lanjut Direktur Pengembangan Usaha PT TGI menjelaskan pengangkutan gas melalui pipa TGI pada ruas Grissik – Singapura ini adalah untuk kebutuhan kelistrikan, industri dan jaringan gas rumah tangga di area Musi Banyuasin dan Batam hingga negara Singapura dengan total volume terkontrak sebesar 345 mmscfd untuk pengangkutan gas pada 2022 dari kapasitas pipa 465 mmscfd.

Sedangkan untuk melayani Shippers/ Pelanggan di area Sumatera Selatan dan Sumatera Tengah untuk kebutuhan lifting minyak, kelistrikan, industri, dan jaringan gas rumah tangga, gas diangkut melalui pipa TGI pada ruas Grissik - Duri dengan total volume terkontrak sebesar 319 mmscfd untuk pengangkutan gas tahun 2022 dari kapasitas pipa 427 mmscfd.

“Sebagaimana Ibu dan Bapak lihat langsung di lapangan, kami terus berupaya menjadi prudent pipeline operator, mengoperasikan dan memelihara pipa dan fasilitas kami penuh kehati-hatian dengan memenuhi ketentuan dan standar yang berlaku. Dalam 20 tahun ini, kepuasan pelanggan dan kepercayaan para Pemangku Kepentingan kepada TGI adalah hal yang utama sejalan dengan misi Perusahaan”, papar Direktur Utama PT TGI.

Disampaikan juga tantangan yang dihadapi yaitu kelanjutan pengangkutan gas ke Singapura melalui ruas pipa Grissik-Singapura yang akan habis kontraknya tahun depan. Diperlukan koordinasi bersama Kementerian ESDM dan instansi terkait, untuk dapat menghasilkan kebijakan pemerintah yang tepat baik untuk memenuhi kebutuhan gas domestik maupun optimalisasi pendapatan Negara dari kelanjutan pengangkutan gas ke Singapura melalui pipa TGI.

“Kita harus segera berkonsolidasi baik dengan Kementerian ESDM maupun SKK Migas untuk kontrak - kontrak yang berakhir 2023, agar kebutuhan gas baik industri, kelistrikan, maupun masyarakat tetap tetap terpenuhi” tutup Erika.

Kunjungan lapangan serta sharring session BPH Migas dan PT TGI dihadiri oleh Kepala BPH Migas (Erika Retnowati), Komite BPH Migas (Abdul Halim, Basuki Trikora Putra, Eman Salman Arif, Iwan Prasetya Adhi, Harya Adityawarman, Saleh Abdurrahman, Wahyudi Anas dan Yapit Sapta Putra), Direktur Gas Bumi (Sentot Harijadi) dan diterima oleh Direktur Utama PT TGI Direktur Pengembangan Usaha PT TGI serta Direktur Keuangan dan Administrasi PT TGI. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)