10 Skill yang Belum Tergantikan Robot di Tempat Kerja

Senin, 23 Mei 2022 - 14:55 WIB
loading...
10 Skill yang Belum Tergantikan Robot di Tempat Kerja
Dalam era digital seperti sekarang, mesin dapat melakukan banyak hal yang kita anggap mustahil beberapa dekade lalu. Tetapi masih ada sejumlah keterampilan manusia yang belum dapat digantikan oleh robot, ini 10 daftarnya. Foto/Adobe Stock
A A A
JAKARTA - Dalam era digital seperti sekarang, mesin dapat melakukan banyak hal yang kita anggap mustahil beberapa dekade yang lalu. Tetapi masih ada sejumlah keterampilan manusia yang belum dapat digantikan oleh robot .

Baca Juga: 800 Juta Pekerjaan Bakal Digantikan Robot, Pemerintah Harus Antisipasi

Berikut adalah 10 skill atau keterampilan teratas yang harus Anda fokuskan di tempat kerja saat ini, untuk memastikan karir Anda tidak digeser robot di masa depan. Namun ingat tidak ada jaminan, mengingat kemajuan pesat teknologi.

1. Berpikir Kritis

Kita dibanjiri dengan beragam informasi dan data di dunia, tetapi individu dengan kemampuan untuk membedakan informasi apa yang dapat dipercaya di antara campuran informasi salah yang melimpah akan sangat penting bagi keberhasilan organisasi.

Dalam dunia yang penuh kepalsuan, propaganda, dan berita hoax, perusahaan akan menghargai karyawan yang berpikiran terbuka. Akan tetapi mampu menilai kualitas informasi yang membanjiri kita setiap hari.

Ketika Anda berpikir kritis, Anda tidak hanya bersikap negatif. Artinya Anda dapat mengevaluasi informasi secara objektif, mencari tahu apakah itu kredibel, dan mencari tahu apakah itu harus dipercaya oleh suatu organisasi atau tidak.

Mengapa berpikir kritis begitu penting? Indeed.com mengatakan: seorang pemikir kritis tidak hanya mengumpulkan informasi dengan baik, tetapi mereka juga tahu bagaimana menggunakan informasi untuk menyimpulkan fakta dan hasil akhir yang penting.

“Dengan mengkonseptualisasikan hasil, pemikir kritis lebih baik dalam pemecahan masalah daripada orang-orang yang hanya menghafal informasi. Karena itu, pengusaha menghargai pemikiran kritis, terutama dalam peran di mana mempersiapkan strategi jadi sangat penting,”.

2. Penilaian dan Pengambilan Keputusan yang Kompleks
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1290 seconds (10.177#12.26)