Inilah Harta Karun Indonesia Paling Wangi di Dunia

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:50 WIB
loading...
Inilah Harta Karun Indonesia Paling Wangi di Dunia
Kayu gaharu punya nilai ekonomi yang sangat tinggi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kekayaan atau harta karun yang dimiliki Indonesia tidak hanya sebatas sumber daya tambang saja. Salah satu kekayaan Indonesia di luar tambang yang paling menggiurkan adalah Gaharu . Kayu ini juga spesial karena memiliki wangi khas sehingga bisa juga dijadikan bahan utama pembuatan kosmetik, parfum, hingga obat-obatan.



Hutan Kalimantan disebut sebagai penghasil kayu gaharu (Aquilaria malaccensis) dengan kualitas terbaik dunia yang memiliki harga fantastis, yakni mencapai miliaran rupiah per kilogramnya. Untuk menghasilkan kualitas yang baik pun membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa mecapai ribuan tahun.

Dikutip dari beberapa sumber, pemerintah sejak 1995 telah menetapkan kuota permanen dari perdagangan gaharu untuk mendukung keberlanjutan produksi tanaman tersebut sehingga tetap menjadi salah satu penyumbang devisa negara tertinggi.



Indonesia merupakan negara pengekspor kayu gaharu terbesar di dunia. Karena tumbuhan ini tidak bisa ditanam berkala, maka gaharu nilai yang sangat tinggi di pasar global.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)