Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Level Rp14.617 per Dolar AS

Rabu, 25 Mei 2022 - 16:20 WIB
loading...
Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat di Level Rp14.617 per Dolar AS
Nilai tukar (kurs) rupiah hari ini ditutup menguat 43 poin di level Rp14.617. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah hari ini ditutup menguat 43 poin di level Rp14.617 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.661.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, indeks menguat hari ini imbas melemahnya pasar karena kemungkinan Federal Reserve menempatkan misi kenaikan suku bunganya di akhir tahun ini semakin cepat.

“Dan komentar Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan suku bunga zona euro kemungkinan akan berada di wilayah positif pada akhir kuartal ketiga,” ujar Ibrahim dalam risetnya, Rabu (25/5/2022).



Komentar Lagarde menyiratkan peningkatan setidaknya 50 basis poin pada suku bunga deposito dan memicu spekulasi kenaikan yang lebih besar musim panas ini. Imbal hasil Treasury 10-tahun AS naik tipis menjadi 2,7631%, setelah turun ke level terendah hampir satu bulan di 2,718% semalam.

Anggota Fed termasuk Ketua Jerome Powell baru-baru ini menggelar karpet merah untuk dua kali kenaikan suku bunga 50 basis poin pada dua pertemuan berikutnya yang akan memberi bank sentral ruang bernapas untuk menilai kembali ancaman inflasi yang semakin mengakar.

“Investor mengawasi prospek kebijakan moneter dengan kekhawatiran potensi resesi yang disebabkan oleh pengetatan kebijakan moneter. Risalah dari pertemuan Fed terakhir akan dirilis hari ini, investor mengharapkan lebih banyak petunjuk tentang apakah pengetatan akan berlanjut,” jelas Ibrahim.

Dari sentimen domestik, euforia Bank Indonesia mempertahankan suku bunga tetap di 3,25 persen dan inflasi yang tinggi, membuat arus modal asing kembali masuk ke pasar dalam negeri sehingga kencangnya aliran dana tersebut membuat mata uang kembali perkasa. Namun euforia ini hanya bersifat sementara karena pelaku pasar saat ini condong ke bank sentral AS yang akan Kembali menaikan suku bunga acuan sebesar 50 basis point.

Selain itu, pasar juga memantau perkembangan program Pengungkapan Sukarela (PPS) atau Tax Amnesty tahap II sampai tanggal 20 mei 2022, jumlah Pajak Peghasilan (PPh) yang terkumpul sebanyak Rp.9,25 triliun, sedangkan jumlah harta bersih yang diungkap sebesar Rp.91,6 triliun.

Pengungkapan harta bersih wajib pajak (WP) senilai Rp.91,6 triliun terdiri dari deklarasi harta dalam negeri dan repatriasi sebesar Rp79,21 triliun, kemudian deklarasi harta luar negeri sebesar Rp.6,99 triliun, dan investasi dalam bentuk surat berharga negara (SBN) sebesar Rp.5,4 triliun. Sedangkan penempatan dalam bentuk Surat Berharga Negara (SBN) baik rupiah maupun dolar, serta dalam bentuk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)