5 Provinsi yang Jadi Kolam Harta Karun Indonesia, Nomor 4 Menyimpan yang Paling Diburu Dunia

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:58 WIB
loading...
5 Provinsi yang Jadi Kolam Harta Karun Indonesia, Nomor 4 Menyimpan yang Paling Diburu Dunia
Tambang Freeport di Papua yang menyimpan harta karun berupa emas dan tembaga. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Salah satu lagu Koes Plus, grup legendaris asal Tuban, Jawa Timur, yang bertajuk ‘Kolam Susu’ rasa-rasanya bisa menggambarkan betapa kayanya tanah Indonesia atau sumber daya alam . Tak cuma kaya akan bahan pangan dengan kesuburan tanah dan alam Indonesia, tapi juga kandungan tambang di dalamnya, alias harta karun .

Baca juga: Melimpah! Ini Harta Karun SDA Indonesia yang Jadi Incaran Asing

Banyak sumber daya alam tersimpan di Tanah Air. Bermacam-macam bahan tambang bisa ditemukan di perut bumi Indonesia, mulai dari emas hingga logam tanah jarang. Namun persebaran harta karun itu tak merata, ada satu provinsi yang kaya akan minyak, ada yang batu bara, ada juga yang emas.

Berikut lima provinsi penghasil ‘harta karun’ di Indonesia.


1. Kalimantan Timur

Provinsi dengan Ibu Kota Samarinda ini digadang-gadang menjadi salah satu provinsi dengan sumber daya alam yang berlimpah. Kalimantan Timur memang mempunyai sumber daya alam minyak yang banyak. Salah satu kota di Kalimantan Timur, yaitu Balikpapan bahkan mempunyai julukan “Kota Minyak”. Kapasitas produksi minyak dari provinsi terluas kedua di Indonesia ini dapat mencapai lebih dari 134 ribu barel per hari. Jumlah ini termasuk 60 ribu barel minyak mentah dan 74 ribu barel minyak kondensat.

Selain minyak, Kalimantan Timur juga kaya akan sumber daya pertambangan dan kehutanan, khususnya gas alam dan baru bara. Ditambah lagi, sejumlah daerah seperti Balikpapan dan Bontang mengembangkan kawasan industri demi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Kabupaten di Kalimantan Timur juga mulai membuka lahan untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit.

2. Papua

Meski terletak jauh di daerah Timur Indonesia, Papua tentu masuk ke dalam daftar sebagai provinsi penghasil ‘harta karun’ Indonesia. Tersimpan banyak sekali mineral dan tambang yang sangat berharga.

Bahan tambang yang ada di Papua salah satunya adalah emas. Provinsi ini sudah dikenal sejak dulu sebagai daerah penghasil emas terbesar di Tanah Air. Berdasarkan Booklet Tambang Emas Perak 2020 dari Kementerian ESDM , jumlah cadangan bijih emas terbesar di Indonesia ada di Provinsi Papua, yaitu sebanyak 52%.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3672 seconds (11.97#12.26)