Tips Memilih Aplikasi Akuntansi untuk UMKM

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:45 WIB
loading...
Tips Memilih Aplikasi Akuntansi untuk UMKM
Manfaat aplikasi akuntansi untuk UMKM. (Foto Dok Sindonews.com)
A A A
JAKARTA - Salah satu prioritas utama Anda sebagai pemilik usaha kecil adalah mengawasi uang yang Anda hasilkan dan bayarkan, itulah mengapa penting untuk memiliki software akuntansi untuk UMKM yang tepat.

Anda memerlukan program yang membantu Anda menyelesaikan tugas akuntansi harian – mencatat pembayaran, melacak pengeluaran, menagih pelanggan, dan merekonsiliasi transaksi – juga memberi Anda wawasan tentang kesehatan keuangan bisnis Anda yang memungkinkan Anda menghasilkan laporan yang membantu dalam menganalisis kinerja bisnis Anda dari berbagai sudut.

Manfaat Aplikasi Akuntansi untuk UMKM
Kehadiran teknologi keuangan berbasis software akuntansi akan membantu para pelaku UKM dalam menghemat keuangan dan waktu, serta lebih terbantu dalam merampingkan keuangan bisnisnya.

• Dengan menggunakan software akuntansi, pebisnis tidak memerlukan rumus untuk menghitung secara keseluruhan laba dan rugi, berapa biaya operasional bulanan yang dikeluarkan, berapa omzet yang didapatkan, dan lain sebagainya. Semua itu, hanya cukup diinput pada software saja dan tidak perlu dihitung secara manual.

• Mudahnya melakukan review setiap saat ketika membutuhkan data keuangan bisnis. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa setiap pelaku UKM wajib menggunakan Software akuntansi untuk merampingkan data keuangan bisnis. Dengan melakukan review setiap saat, maka akan sangat membantu dalam memantau kondisi keuangan bisnis.

• Penggunaan software akuntansi dapat mempercepat proses pembuatan laporan keuangan. Berbeda dengan sistem manual, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan laporan keuangan untuk periode satu bulan.

• Pembuatan laporan pajak juga dapat dikerjakan secara lebih mudah. Software Akuntansi akan memudahkan para pebisnis untuk menyusun laporan pajak tahunan. Pilihlah software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan pajak, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan pajak menggunakan software akuntansi lainnya.

3 Pertanyaan untuk Ditanyakan Ketika Mengevaluasi Aplikasi akuntansi UMKM

Berapa Biaya Penggunaan Aplikasi akuntansi?
Biaya aplikasi akuntansi atau software akuntansi untuk UMKM bervariasi, tergantung pada fitur yang disertakan, jumlah pengguna yang didukung, dan faktor sejenis lainnya. Banyak perusahaan aplikasi akuntansi terbaik menawarkan software berbasis cloud sebagai layanan daripada harus membuat lisensi (atau keduanya), jadi mereka mengenakan biaya berlangganan bulanan.

Anda biasanya dapat memilih dari beberapa paket, dengan paket berbayar biasanya berkisar dari Rp150.000 hingga Rp700.000 per bulan. Jika Anda bersedia membayar dengan cara tahunan daripada bulanan, harga diskon sering kali tersedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3059 seconds (0.1#10.140)