Menkop Teten Harap BPR-BPRS Terus Terdepan dalam Melayani UMKM

Senin, 30 Mei 2022 - 22:33 WIB
loading...
Menkop Teten Harap BPR-BPRS Terus Terdepan dalam Melayani UMKM
Ilustrasi pelaku UMKM. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki menaruh harapan besar terhadap Bank Pembiayaan Rakyat dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPR-BPRS) agar tetap menjadi industri keuangan yang mendorong bisnis pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) .

“Selamat Hari BPR-BPRS Nasional, semoga industri Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dapat terus menjadi garda terdepan dalam melayani para pelaku UMKM di Tanah Air sekaligus hadir di tengah masyarakat dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan,” ucap Teten dalam video rilis dalam rangka Hari BPR-BPRS Nasional 2022, Senin (30/5/2022).



Data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada kuartal 1-2022 industri BPR-BPRS mencatatkan kinerja yang positif. Kondisi tersebut membuat prospek industri BPR-BPRS semakin cerah.

Dengan penghimpunan dan penyaluran dana BPR-BPRS yang cukup positif, di mana dana pihak ketiga (DPK) meningkat 11, 40% secara tahunan (year-on-year/yoy) dan kredit atau pembiayaan sebesar 8,25% (yoy). Hal ini membuat BPR-BPRS bisa terus memberikan sumbangsihnya untuk mendorong pelaku UMKM di Tanah Air.

Di tengah optimisme terhadap kinerja industri BPR-BPRS, dukungan dan harapan pun mengalir dari berbagai pihak agar BPR-BPRS bisa terus menunjukkan eksistensi dan komitmennya sebagai bank yang fokus memberdayakan UMKM di Indonesia.



Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto bersyukur karena pandemi sudah jauh melandai, aktivitas masyarakat juga bisa terus meningkat dan ekonomi bisa terus menggeliat sehingga BPR-BPRS kembali bangkit.

“Semoga momentum Hari BPR-BPRS Nasional memberikan energi positif dan spirit untuk terus berjuang serta berkarya dalam melayani masyarakat di tengah beragamnya tantangan yang dihadapi industri,” ujarnya.



Dia pun mengajak semua pemangku kepentingan merapatkan barisan, mempererat kebersamaan, memperkuat inovasi, sinergi dan optimisme untuk meningkatkan kontribusi BPR-BPRS dalam pemulihan ekonomi nasional.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)