Ini tiga pilar industri yang wajib dijalankan

Kamis, 19 September 2013 - 13:04 WIB
Ini tiga pilar industri yang wajib dijalankan
Ini tiga pilar industri yang wajib dijalankan
A A A
Sindonews.com - Wakil Presiden Boediono merinci tiga pilar yang harus dijalankan Indonesia dalam konsep industrialisasi ke depan.

Salah satunya dengan segera melaksanakan hilirisasi agar dapat meningkatkan nilai tambah dari bahan mentah itu sendiri.

Boediono secara tegas melarang penjualan barang-barang mentah ke luar negeri, walaupun secara efektif kebijakan tersebut baru dapat berjalan pada Kabinet mendatang.

"Proses yang paling jelas itu hilirasiasi, jadi kita tidak jual nikel atau tembaga yang mentah tapi ingin ditingkatkan nilai tambahnya," ujar Boediono di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Pilar kedua adalah industri yang semakin diarahkan untuk memaksimalkan dampak luar negeri, seperti membuka lapangan kerja. Boediono mengaku mendukung industri otomotif karena industri ini terbukti mampu meningkatkan jumlah tenaga kerja.

"Ternyata industri otomotif ini adalah industri yang mempunyai ranting yang banyak, sampai ke bengkel-bengkel," lanjutnya.

Sementara, pilar ketiga adalah global supply change. Di mana semua negara di dunia sekarang menjadi satu mata rantai pasar global. Karena itu dia meminta agar pelaku usaha tidak mengalami ketertinggalan dalam hal ini.

"Oleh sebab itu kita buka kesempatan ini dengan membuka banyak Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk memperbesar kegiatan industri," pungkas Boediono.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6008 seconds (0.1#10.140)