Ibu Kota Baru Selaras Alam, Kepala IKN: Kejayaan Hutan Tropis Kita Bakal Terwujud

Jum'at, 03 Juni 2022 - 19:12 WIB
loading...
Ibu Kota Baru Selaras Alam, Kepala IKN: Kejayaan Hutan Tropis Kita Bakal Terwujud
Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara (OIKN), Bambang Susanto menjelaskan, beberapa hal yang menjadi fokus awal pada pembangunan periode Pertama IKN Nusantara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara (OIKN), Bambang Susanto menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi fokus awal pada pembangunan tahap awal IKN Nusantara. Salah satunya dengan reforestasi atau penghutanan kembali yang sebelumnya gundul akibat aktivitas industri di Kalimantan Timur.

Baca Juga: IKN Nusantara Bakal Saingi Dubai hingga Shenzen

Menurutnya pada pembangunan IKN Nusantara yang bakal dilakukan dalam waktu dekat, untuk masalah pengadaan lahan pemerintah bakal melakukan konversi hutan.

"Konversi ini dilakukan seusai dengan peraturan perundangan yang berlaku, masalah yang berhubungan dengan green, sustainable, keberlanjutan dari hutan disana kita akan melakukan reforestasi atau penanaman hutan kembali," ujar Bambang dalam konferensi pers virtualnya, Jumat (3/6/2022).

Meskipun dalam praktiknya pembangunan membutuhkan lahan, namun menurut Bambang dengan reboisasi pada hutan Kalimantan menjadi solusi untuk menjaga konsep pembangunan IKN Nusantara yang sering diklaim tidak menggangu alam.

"Sehingga kejayaan hutan tropis kita bakal terwujud, pada target yang kita lakukan ke depannya, sehingga sustainable forest city ke depannya bisa kita wujudkan dengan baik," sambung Bambang.

Baca Juga: Pembangunan IKN Nusantara Dimulai 2023, Butuh 200 Ribu Lebih Pekerja

Bambang mengatakan, Presiden Jokowi Widodo kerap mengarahkan pembanguan IKN Nusantara harus menjadi kota yang Cerdas , kota inklusif, dan juga menjadi kota yang sustainable atau berkelanjutan kedepannya.

"Jadi hal tersebut sudah dibicarakan, dan InsyaAllah kami akan melakukan berbagai kegiatan di lapangan, kalau dilihat nantinya akan ada peningkatan khususnya menyangkut persiapan konstruksi di tahun 2023," kata Bambang.

Diterangkan juga olehnya pembahasan IKN Nusantara bakal dimulai pada semester II 2022, pembangunan difokuskan pada konektivitas untuk mengangkut logistik ke IKN Nusantara. Lalu tahun selanjutnya adalah mulai pembanguan gedung-gedung pemerintahan.

"Nanti akan ada jumlah yang cukup besar untuk pekerja di lapangan, jadi diperkirakan di tahun 2023 itu kami akan menampung sekitar 150 hingga 200 ribu pekerja di lapangan," pungkasnya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2141 seconds (10.55#12.26)