Tiket Masuk Candi Borobodur Rp750 Ribu Bikin Heboh, Jubir Luhut: Diputuskan Minggu Depan

Senin, 06 Juni 2022 - 07:53 WIB
loading...
Tiket Masuk Candi Borobodur Rp750 Ribu Bikin Heboh, Jubir Luhut: Diputuskan Minggu Depan
Soal kenaikan tarif tiket masuk ke Candi Borobudur menjadi Rp750.000 bagi turis lokal, Menko Luhut melalui jubirnya menerangkan baru akan diputuskan minggu depan oleh Presiden. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan telah melempar wacana kenaikan tarif tiket masuk ke Candi Borobudur menjadi Rp750.000 bagi turis lokal.

Baca Juga: Harga Tiket Candi Borobudur Dipatok Rp750.000, Alvin Lie: Di Luar Jangkauan Turis Lokal

Menko Luhut melalui Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi menegaskan, bahwa rencana pembatasan kuota pengunjung hingga dan kenaikan tarif untuk naik ke area stupa Candi Borobudur masih belum final.

“Soal rencana tarif yang muncul saat ini belum final, karena masih akan dibahas dan diputuskan oleh Presiden di minggu depan,” kata Menko Luhut melalui Jubir Kemenko Marves saat dikonfirmasi MNC PORTAL, Senin (6/6/2023).

Meski Begitu, Jodi menyatakan, Luhut telah mendengar banyak sekali masukan masyarakat hari ini terkait dengan wacana kenaikan tarif untuk turis lokal.

“Karena itu nanti saya akan minta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan. Saya sampaikan terima kasih kepada semuanya atas perhatian yang begitu besar kepada warisan budaya kebanggaan kita semua ini,” terang Menko Luhut.

Baca Juga: Luhut: Tiket Naik ke Borobudur untuk Wisatawan Lokal Belum Final

Namun, Menko Luhut memastikan bahwa rencana kenaikan tarif untuk turis asing menjadi USD100 tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp5.000.

“Sementara untuk sekedar masuk ke kawasan Candi, tarifnya juga tetap di angka Rp50 ribu seperti saat ini,” tambahnya.

Sebagai catatan, Menko Luhut juga mengatakan berdasarkan masukan yang diterima, pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menyediakan tarif khusus bagi warga Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1372 seconds (10.55#12.26)