Harga sapi di Banjarnegara naik Rp2 juta/ekor

Selasa, 01 Oktober 2013 - 20:28 WIB
Harga sapi di Banjarnegara naik Rp2 juta/ekor
Harga sapi di Banjarnegara naik Rp2 juta/ekor
A A A
Sindonews.com - Menjelang Hari Raya Idhul Adha, harga sapi di Banjarnegara, Jawa Tengah terus melambung. Satu ekor sapi kurban naik antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor. Kenaikan harga sapi ini berdampak pada sepinya pembeli.

Harga hewan kurban jenis sapi di pasar hewan Petambakan Banjarnegara, terus mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha. Harga sapi ukuran siap kurban yang sebelumnya hanya Rp11 juta, saat ini naik mencapai Rp13 juta hingga Rp14 juta per ekor.

Untuk jenis sapi metal dengan ukuran jumbo bahkan harganya melambung hingga mencapai Rp19 juta per ekor. Kenaikan harga sapi ini terjadi sejak satu bulan yang lalu.

Akibat naiknya harga sapi ini, para pedagang sapi mengaku mengalami penurunan jumlah pembeli. Jika sebelumnya saat hari pasaran hewan mampu menjual hingga 5 ekor dalam sehari, saat ini hanya mampu menjual 3 ekor sapi.

"Harga sapi naik, tapi malah jadi jumlah pembelinya turun, alias sepi," keluh turman, salah seorang pedagang sapi, Selasa (1/10/2013).

Naiknya harga sapi untuk kurban ini diprediksi akan terus terjadi hingga Idul Adha mendatang. Untuk mengantisipasi kerugian, para pedagang sapi memilih mengirim sapi-sapi mereka untuk dijual di luar kota seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3000 seconds (0.1#10.140)