The Real Sultan, 5 Orang Kaya Indonesia Ini Pernah Beli Klub Bola Luar Negeri

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:21 WIB
loading...
The Real Sultan, 5 Orang Kaya Indonesia Ini Pernah Beli Klub Bola Luar Negeri
Suporter Como 1907 di Stadion Giuseppe Sinigaglia di Como, Italia. FOTO/LiveMedia/Gabriele Masotti
A A A
JAKARTA - Sepak bola tidak hanya menjadi olahraga yang digandrungi oleh banyak masyarakat namun juga bisa menjadi bisnis menggiurkan bagi yang melihat peluang di dalamnya. Sejumlah pengusaha asal Indonesia pun tidak luput ikut ambil bagian. Sebut saja Erick Thohir yang punya saham di Oxford United.

Selain itu, masih ada lagi para pengusaha asal Indonesia yang juga memiliki saham bahkan jadi pemilik klub sepak bola di luar negeri. Berikut sejumlah pengusaha Indonesia yang pernah membeli klub sepak bola di luar negeri.

1. Grup Bakrie

Keluarga Bakrie merupakan salah satu pemilik gurita bisnis di Indonesia yang merambah di berbagai jenis usaha. Gerilya bisnisnya tidak hanya di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri termasuk di antaranya menjadi pemilik klub sepakbola Australia, Brisbane Roar. Baca Juga: Diakuisisi RedBird, AC Milan Ganti Juragan

Klub yang pernah menjadi juara liga Australia ini menjadi milik grup Bakrie melalui PT Pelita Jaya Cronous. Grup Bakrie memiliki sebanyak 70% saham yang dibeli 2011 lalu. Setahun berselang saham Roar dibeli 100%.

2. Erick Thohir

Nama pengusaha satu ini sudah tidak asing lagi di kancah sepak bola dunia. Sebagai pengusaha, Erick Thohir disebut telah memiliki beberapa saham di klub sepak bola di luar negeri sejak 2013 silam.

Erick Thohir resmi menjadi pemilik saham mayoritas klub Liga Italia Inter Milan sebanyak 7%. Saham Nerazzurri tersebut dimiliki anggota International Olympic Committee mewakili Indonesia. Namun tiga tahun berselang Erick melepas sebagian besar sahamnya ke pengusaha asal China.

Tak berhenti di situ, pada 2019 Erick secara mengejutkan melepas seluruh saham klub besutan Antonio Conte itu ke salah satu perusahaan di Hongkong. Gurita bisnis Erick di sepakbola tidak hanya di Inter Milan. Sebelumnya Erick pernah membeli 78% saham klub sepak bola asal Amerika Serikat DC United

3. Hartono Bersaudara
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1740 seconds (10.101#12.26)