Indonesia Tidak Bisa Didikte, Luhut: Tidak Amerika, Tidak China Juga!

Jum'at, 10 Juni 2022 - 09:06 WIB
loading...
Indonesia Tidak Bisa Didikte, Luhut: Tidak Amerika, Tidak China Juga!
Menko Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, terkait pihak asing yang ingin melakukan investasi di Indonesia, tak ada satupun negara yang dapat dan bisa mendikte Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, terkait pihak asing yang ingin melakukan investasi di Indonesia, tak ada satupun negara yang dapat dan bisa mendikte Indonesia.

Baca Juga: Berkat China, Luhut Bilang Realisasi Investasi Nambah Dua Digit

Luhut menyampaikan, Indonesia tetap menjunjung asas kesetaraan dalam kerja sama investasi dengan pihak manapun sekalipun dengan negara China dan Amerika.

“Percayalah tidak ada satu negara pun yang bisa mendikte kita. Itu selalu jadi statement saat ingin kerja sama investasi bahwa posisi kita sangat bagus in the strong position. Tidak boleh ada negara mendikte RI dari Amerika dan tidak juga China ,” kata Menko Luhut dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR, dikutip Jumat (10/6/2022).

Indonesia sendiri memiliki kawasan industri hijau berbasis nikel di Morowali, Sulawesi Tengah. Kawasan itu adalah industri dengan rantai industri terpanjang di dunia

“Timnya Tesla datang ke Morowali dan valley mereka terkagum-kagum luar biasa. Dia mengatakan tak pernah melihat ada seperti ini di luar China,” tambahnya.

Baca Juga: Soal Kebijakan Investasi RI, Hary Tanoesoedibjo Puji Menko Luhut

"Saya sampaikan ke Elon Musk, dan mereka terus datang kemari, timnya jalan, tidak seperti membalikkan tangan juga. Tapi setidaknya Starlink kita sudah mulai, sudah dibuka, jadi saya berkomunikasi dengan mereka,” katanya.

Sebagai catatan, Luhut melaporkan saat ini di kawasan industri Kalimantan Utara baru saja membuat energi terbarukan 265 gigawatt hour sehingga bisa memproduksi 3 juta mobil listrik.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3079 seconds (11.97#12.26)