3 Negara Produsen Tekstil Terbesar di Dunia, China Tiada Tanding

Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:31 WIB
loading...
3 Negara Produsen Tekstil Terbesar di Dunia, China Tiada Tanding
Predikat negara produsen tekstil terbesar di dunia sejauh ini masih dipegang oleh China. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - China sebagai negara industri dengan penduduk terbanyak di dunia hingga kini masih menjadi produsen tekstil terbesar di dunia.

Meski ada pasang surutnya, industri tekstil menjadi industri yang tidak lekang waktu dan tidak pernah gagal total karena bagaimanapun tekstil merupakan kebutuhan primer manusia.

Laporan terbaru dari Grand View Research Inc menyebut, pasar tekstil global diperkirakan akan mencapai USD1.420,3 miliar pada 2030.

Pertumbuhan pasar antara lain didorong oleh meningkatnya level awareness konsumen dan tren di industri fashion yang berubah dengan cepat.

Pada tahun 2021, Asia Pasifik muncul sebagai pasar regional terbesar karena kehadiran negara-negara penghasil bahan baku yang besar seperti China, India, Australia, dan Jepang.



Terkait industri tekstil di dunia, China sejak lama telah menjadi global leader dan menguasai lebih dari 50% produksi tekstil dunia pada 2014.

Berikut ini tiga negara yang menjadi produsen tekstil terbesar di dunia merujuk data tahun 2020, dirangkum SINDOnews dari laman BizVibe dan Statista:

1. China
China adalah produsen tekstil terbesar di dunia dengan output mencapai 52,2% dari produksi tekstil global tahun 2019.

Dengan pertumbuhan pesat selama dua dekade terakhir, industri tekstil China telah menjadi salah satu pilar utama perekonomian Negeri Tirai Bambu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)