Waspada Penipuan Mengatasnamakan Bank, Antisipasi dengan Langkah Ini

Senin, 13 Juni 2022 - 12:14 WIB
loading...
Waspada Penipuan Mengatasnamakan Bank, Antisipasi dengan Langkah Ini
Bagaimana cara kita menghindari kejahatan perbankan.? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk menghindarinya yang dibahas webinar bertajuk Hindari Zonk Waspada Penipuan Berkedok Perbankan!. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kejahatan perbankan bisa terjadi kapan saja dan menyasar siapa saja. Jenis kejahatan perbankan pun semakin beragam seiring dengan perkembangan digital di industri perbankan . Salah satu kejahatan perbankan yang sering ditemui antara lain phising.



Kondisi tersebut tercermin pada catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Ada 5.000 laporan pengaduan dugaan tindak pidana penipuan setiap minggunya. Selain itu Direktorat Tindak Pidana Siber (Ditipidsiber) Polri mencatat ada 16.845 laporan tindak pidana penipuan siber sepanjang 2017-2020.

Lalu, bagaimana cara kita menghindari hal tersebut? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk menghindari kejahatan perbankan.

1. Teliti Membaca Pesan
Saat ada menerima pesan di email, SMS atau Whatsapp bacalah dengan teliti pesan yang Anda terima. Biasanya pesan yang digunakan penipu memiliki informasi yang bombastis, memiliki ejaan yang salah dan berisi tautan berbahaya.

Tautan tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman palsu berisi malware yang akan mencuri informasi rahasia Anda seperti nomor kartu, CVV dan Personal Identification Number (PIN) yang tersimpan dalam perangkat Anda. Namun dengan teliti membaca pesan, alamat pengirim dan nomor pengirim Anda bisa terhindari dari percobaan phising ini.

2. Jangan Memberikan Informasi Sensitif
Jangan pernah membagikan informasi sensitif atau nomor kramat seperti PIN atau one time password (OTP) kepada orang lain. Pihak bank tidak pernah meminta Anda untuk menyebutkan untuk mendapatkan layanan perbankan melalui telepon, pesan singkat atau email. Selain itu bank tidak pernah meminta kepada nasabah untuk menerima benefit atau layanan.

3. Gunakan Otentikasi Dua Faktor
Phishing bertujuan untuk mengambil alih akun korban secara ilegal. Namun Anda bisa mengurangi potensi kejahatan tersebut dengan menerapkan otentikasi dua faktor. Dengan langkah ini jika Anda perangkat baru mencoba login memerlukan kode verifikasi tambahan. Kode tersebut dikirim melalui email, teks, atau di aplikasi autentikator yang terhubung dengan akun Anda.

“Kami informasikan kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada tindakan penipuan yang mengatasnamakan MNC Bank. Segera laporkan ke kanal-kanal resmi MNC Bank jika menemukan informasi yang mencurigakan,” ujar Presiden Direktur MNC Bank, Mahdan.

Lakukan verifikasi dan validasi atas setiap informasi yang diperoleh ke sumber resmi yang terpercaya. Jika menemukan aktivitas mencurigakan segera menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188 atau melalui email ke alamat email customer_care@mncbank.co.id.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)