Ini dampak keuntungan kerja sama UE-RI

Selasa, 22 Oktober 2013 - 11:40 WIB
Ini dampak keuntungan kerja sama UE-RI
Ini dampak keuntungan kerja sama UE-RI
A A A
Sindonews.com - Hubungan antara Indonesia dan Uni Eropa (UE) akan memberikan dampak menguntungkan bagi Indonesia, khususnya bidang perdagangan dan investasi.

"Dengan UE sebagai pasar ekspor kedua terbesar bagi Indonesia dan investor terbesar kedua di Indonesia, kedua belah pihak akan mendapatkan manfaat dari kesepakatan kemitraan ekonomi komprehensif," kata Duta Besar Terpilih Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN, Olof Skoog di Hotel Sangri-La, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Terbukti, pada tahun lalu Indonesia mendapatkan keuntungan surplus perdagangan hingga 5,7 miliar euro dengan Uni Eropa.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bidang Investasi, Transportasi, Informatika, Telekomunikasi, dan Pariwisata, Chris Kanter mengatakan, mengatakan, hubungan Indonesia dengan EU tidak seperti hubungan bilateral lainnya. Karena, Indonesia dan UE memiliki kepentingan saling melengkapi.

Seperti diketahui, UE dan Indonesia telah membangun hubungan komersial yang kuat. Di mana nilai perdagangan bilateral pada 2012 sekitar 25 miliar euro. Selain itu, Uni Eropa juga merupakan investor kedua terbesar dalam perekonomian Indonesia.

Diperkirakan 1.000 perusahaan Eropa telah berinvestasi sekitar 130 miliar euro ke Indonesia dan secara langsung memperkerjakan 1,1 juta orang Indonesia. Hal ini membuat Indonesia optimis dapat memanfaatkan potensi besar perdagangan dan imvestasi UE-Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7861 seconds (0.1#10.140)