Jepang klaim menang perang lawan deflasi

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 14:01 WIB
Jepang klaim menang perang lawan deflasi
Jepang klaim menang perang lawan deflasi
A A A
Sindonews.com - Jepang memuji indikator utama inflasi menyentuh level tertinggi dalam 5 tahun sebagai bukti potret pertumbuhan Abenomics, yang telah memenangkan perang terhadap penurunan harga (deflasi). Namun, analis tetap memperingatkan belanja konsumen belum mendapatkan traksi.

Dilansir dari AFP, Jumat (25/10/2013), pengupasan keluaran harga makanan segar dan energi stabil, yang sebagian besar telah didorong kenaikan baru-baru ini, sebagai hasil terbaik Jepang sejak Desember 2008.

Indeks harga konsumen (CPI), yang mengukur kebutuhan barang sehari-hari tidak termasuk harga makanan segar, naik 0,7 persen pada September, dari tahun sebelumnya. Angka ini merupakan kenaikan empat bulan berturut-turut.

Pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe mencatat angka baru, dengan para pejabat mengatakan, upaya membalikkan penurunan harga dan pertumbuhan stok di ekonomi terbesar ketiga dunia itu telah mengambil hasil.

Namun, sikap optimis data karena kenyataan sebagian besar harga didorong biaya bahan bakar yang lebih tinggi, serta lonjakan permintaan untuk barang sehari-hari, seperti vakum pembersih dan pakaian.

Penurunan harga mungkin terdengar seperti hal baik bagi pembeli, dapat berakibat buruk bagi pertumbuhan karena mendorong konsumen menahan belanja, tahu bahwa mereka akan membayar lebih murah untuk produk jika sedikit menunggu.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)