Inggris Siap Suntik Rp22,3 Triliun untuk Pengembangan MRT Jakarta

Kamis, 16 Juni 2022 - 19:02 WIB
loading...
Inggris Siap Suntik Rp22,3 Triliun untuk Pengembangan MRT Jakarta
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP201 di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (24/5/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nz
A A A
JAKARTA - Kerajaan Inggrismenyampaikan minatnya dalam mendukung pengembangan jaringan MRT Jakarta . Otoritas negara setempat siap memberikan pinjaman senilai 1,25 miliar poundsterling atau setara Rp22,3 triliun.

Dukungan ini disampaikan oleh UK Prime Minister’s Trade Envoy to the Asean EC, Indonesia, Malaysia, dan the Philippines Richard Graham MP, saat kunjungan kerjanya ke PT MRT Jakarta (Perseroda).

Richard mengatakan pinjaman ini akan dialokasikan untuk pengembangan koridor MRT Jakarta hingga pengembangan proyek urban regeneration.

“Dengan senang hati saya menginformasikan Expression of Interest atau penyampaian minat dari UK Export Finance terkait pemberian pinjaman ekspor senilai 1,25 miliar pound sterling untuk pengembangan koridor MRT Jakarta serta pengembangan proyek urban regeneration di Jakarta. Proyek ini akan membantu mengubah gaya masyarakat kota Jakarta,” ungkap Richard dalam keterangan pers, Kamis (16/6/2022).



Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengakui pihaknya dan Crossrail International telah menandatangani nota kesepahaman terkait peningkatan kapasitas MRT.

Termasuk struktur organisasi dan alternatif pendanaan pengembangan jalur MRT, strategi perencanaan dan penyampaian untuk fase lanjutan, dan strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau berkelanjutan sepanjang jalur.



"Dalam kunjungan ini, kami juga membicarakan kemitraan yang terbaik sebelum pertemuan puncak G20 mendatang," tuturnya.

Manajemen MRT Jakarta juga akan segera mengoordinasikan surat penyampaian minat dari Kerajaan Inggris ini kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi DKI Jakarta sebagai pengampu kebijakan proyek pengembangan MRT Jakarta.



"Ini merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya kami bertemu di London, Kerajaan Inggris pada Mei 2022 membicarakan tentang dukungan Kerajaan Inggris terhadap pengembangan koridor MRT Jakarta,” terang William.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3254 seconds (0.1#10.140)