Indonesia Sudah Tak Impor Beras Selama Tiga Tahun, Ini Penyebabnya

Senin, 20 Juni 2022 - 07:14 WIB
loading...
A A A
“Benar itu, kita lihat RRC itu penduduknya 1,4 miliar, dia bisa sedikit impor pangan karena sekitar 40 tahun yang lalu itu banyak membangun bendungan," ungkapnya.

Menurut Praktisi Pertanian itu, Presiden Jokowi membangun bendungan-bendungan itu bukan hanya untuk saat ini, tetapi untuk jangka panjang. “Memang investasinya sangat besar sekali, tapi sangat bagus untuk jangka panjang di daerah-daerah yang selama ini frekuensi tanamnya sangat tinggi,” ujarnya.

Wayan Supadno yakin betul dengan dibangunnya bendungan oleh pemerintah, Indonesia bisa menjadi negara eksportir. Namun, kebijakan membangun bendungan ini tidak hanya dilakukan di wilayah Jawa saja, tetapi juga dilakukan di wilayah-wilayah yang berpotensi seperti di Kalimantan.



“Harusnya kita bisa jadi eksportir kalau mau tidak hanya di Serang saja, Jawa saja, tapi juga di Kalimantan yang berpotensi untuk menjadi sawah yang ada sumber airnya seperti di Serang, hendaknya dijadikan sawah, buat bendungan libatkan praktisi inovatif untuk menjadi developer swasta sawah, itu penting sekali,” yakinnya.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)