Yuk Hemat Energi dengan Dompet Digital MotionPay!

Senin, 20 Juni 2022 - 13:40 WIB
loading...
Yuk Hemat Energi dengan Dompet Digital MotionPay!
Tips dari MotionPay untuk menyiasati penggunaan listrik agar lebih hemat. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat ini listrik telah menjadi salah satu kebutuhan utama yang menunjang segala aktivitas masyarakat, seperti untuk penerangan, handphone, TV, kulkas, AC, dan perangkat elektronik lainnya. Tak dapat dipungkiri, masyarakat modern sangat bergantung pada listrik, bahkan terkadang cenderung menggunakannya secara berlebihan atau boros listrik .

Managing Director MotionPay Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan, walaupun masyarakat di kota-kota besar telah terbiasa dengan penggunaan listrik, ketersediaan listrik di Indonesia masih belum merata sepenuhnya hingga ke pelosok. Oleh sebab itu, masyarakat perlu bijak dalam menggunakan listrik, apalagi listrik juga berasal dari sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas bumi.

“Penggunaan listrik yang berlebihan juga akan menyebabkan dampak pemanasan global karena efek rumah kaca dan perubahan iklim. Oleh karena itu, kita dapat berperan aktif dalam penghematan listrik dimulai dari lingkungan rumah masing-masing,” tutup Jessica.



Berikut beberapa tips dari MotionPay untuk menyiasati penggunaan listrik agar lebih hemat, antara lain:

1. Hemat Penggunaan Lampu
Kebiasaan menyalakan lampu di siang hari merupakan pemborosan listrik. Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangi rumah Anda melalui jendela atau ventilasi udara sehingga tidak perlu menyalakan lampu selama pagi hingga sore hari. Tak hanya itu, Anda juga sebaiknya mematikan lampu di ruangan-ruangan yang sedang tidak digunakan pada malam hari.

2. Atur Penggunaan Perangkat Elektronik
Salah satu cara menghemat listrik yaitu dengan mengatur penggunaan perangkat elektronik yang Anda miliki sesuai kebutuhan. Beberapa perangkat elektronik seperti AC atau televisi sudah dilengkapi dengan fitur timer, sehingga dapat dimatikan secara otomatis jika sudah tidak digunakan pada malam hari saat Anda sudah beristirahat.

3. Pilih Perangkat Elektronik yang Hemat Listrik
Selain mengatur penggunaan perangkat elektronik, Anda juga dapat memilih produk-produk dengan teknologi yang ramah lingkungan. Anda dapat menggunakan lampu LED, AC inverter, TV LED, dan produk-produk serupa yang bisa menghemat listrik rumah Anda. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan panel tenaga surya untuk mengurangi penggunaan listrik.

4. Lakukan Bersama Keluarga
Penghematan listrik akan lebih signifikan jika dilakukan bersama keluarga. Ajaklah seluruh anggota keluarga Anda untuk memberikan kontribusi dalam menghemat listrik sekaligus melatih anak-anak Anda untuk menghargai lingkungan sejak dini.

5. Konsisten dalam Penggunaan Listrik
Agar upaya penghematan listrik dapat dilakukan secara konsisten, Anda perlu memantau penggunaan listrik setiap bulannya. Untuk memudahkan Anda melakukan pembayaran PLN, Anda dapat menggunakan aplikasi dompet digital MotionPay. Selain praktis, Anda juga bisa melihat histori transaksi pembayaran kapan saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)