Arus listrik PLN di Bandara Soetta sempat terputus

Senin, 11 November 2013 - 18:32 WIB
Arus listrik PLN di Bandara Soetta sempat terputus
Arus listrik PLN di Bandara Soetta sempat terputus
A A A
Sindonews.com – PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan arus listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, tadi siang sempat terputus dan arus kembali normal pada pukul 15.05 WIB.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Daryanto mengatakan sebanyak 8 genset bekerja dengan baik mendukung operasional Bandara Soekarno-Hatta ketika pelabuhan udara tersibuk di Indonesia itu terputus siang ini.

Aliran listrik dari PLN Teluk Naga, PLN Tangerang Lama, PLN Cengkareng JIAC I dan JIAC II, terputus pada pukul 14.12 WIB menurut data Main Power Station Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sehingga menyebabkan gangguan kelistrikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Saat aliran terputus, genset yang dimiliki PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta langsung mendukung kelistrikan.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat 8 unit genset, terdiri dari 3 unit genset masing-masing berkapasitas 1.600 KVA yang disiapkan untuk pelistrikan prioritas seperti pendingin udara dan teknis, lalu 3 unit genset berkapasitas masing-masing 850 KVA juga guna mendukung teknis, dan 2 unit genset masing-masing berkapasitas 2.000 KVA khusus untuk mendukung Terminal 3.

Khusus untuk operasional di air traffic control (ATC), Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki uninterrupted power supply (UPS) dimana tenaga listrik tidak akan padam meskipun terjadi gangguan, sehingga tidak mengganggu lalu lintas penerbangan.

“Seluruh genset bekerja dengan baik sehingga mampu mendukung kegiatan operasional pelayanan penerbangan ketika masalah kelistrikan terjadi. Tepat pukul 15.05, aliran dari PLN Teluk Naga sudah kembali normal, sehingga kelistrikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga berjalan normal. Kami belum tahu penyebab putusnya listrik dari PLN,” jelas Daryanto dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Akibat putusnya aliran listrik dari PLN, lampu penerangan di Terminal 1 dan 2 sempat mengalami gangguan sementara itu di Terminal 3 aman dari masalah kelistrikan. Saat ini, seluruh kelistrikan di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 sudah kembali normal.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)