BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis di Jawa Timur

Rabu, 24 Juni 2020 - 21:18 WIB
loading...
BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis di Jawa Timur
Petugas medis sedang melakukan swab test kepada warga di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (24/6/2020). Tes ini merupakan bagian dari program 30.000 Swab Test gratis dari BNI di seluruh Indonesia. Foto/Dok. BNI
A A A
JAKARTA - Badan usaha milik negara (BUMN) terus mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam mempersatukan kekuatan demi menahan penyebaran wabah virus corona di Indonesia. BUMN, sebagai salah satu kekuatan dalam lingkar pentahelix, tidak berhenti mempertajam upaya tersebut dengan berbagai cara.

Salah satunya melaksanakan uji usap (swab test) secara gratis di kawasan-kawasan yang terpapar wabah cukup tinggi di Indonesia, seperti yang dilaksanakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI . BNI sukses menggelar uji usap massal di Jakarta pada 20-21 Mei 2020, di Padang pada 2 Juni 2020, dan di Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya, Palembang, pada 7 Juni 2020, lalu di Kota Palembang pada 7-8 Juni 2020.

Kali ini giliran masyarakat Jawa Timur mendapatkan swab test gratis dari BNI, di GOR Delta Sidoarjo, pada Rabu-Kamis, 24-25 Juni 2020. Dalam kesempatan tersebut, BNI bekerja sama dengan jaringan Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, JSK Group, dan Dinas Kesehatan Sidoarjo untuk menyediakan 2.000 uji usap gratis.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Timur Gatot Soebroto, VP Business Development and Portfolio Pertamedika IHC Pramadhya, dan Head of Business Banking BNI Kanwil Surabaya Sumadi.

Langkah ini merupakan bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari virus corona, #CovidSafeBUMN, dan salah satu rangkaian dari program BNI Berbagi yang memberikan 30.000 swab test gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, pemberian uji usap ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-74 BNI, yang akan jatuh pada 5 Juli 2020.

(Baca Juga: IKA Unsri dan BNI Kolaborasi Gelar Swab Test Gratis di Palembang)

"Ini adalah kelanjutan dari langkah kami untuk membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar Covid-19 di Jawa Timur, khususnya Sidoarjo dan sekitarnya. Dengan dukungan berbagai pihak, kami laksanakan swab test ini secara gratis bagi nasabah, debitur, dan rekanan BNI. Kegiatan swab test massal ini juga diselenggarakan di Kota Mojokerto, Gresik, Pamekasan, Sampang, dan Jombang," jelas Corporate Secretary BNI Meiliana dalam keterangan resmi, Rabu (24/6/2020).

Sementara, VP Business Development and Portfolio Pertamedika IHC Pramadhya mengatakan, tes ini adalah bentuk sinergi dari perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN untuk menyegerakan identifikasi Covid-19 hingga dapat dilakukan langkah-langkah penanganan yang cepat dan tepat demi mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran corona lebih luas lagi di wilayah Jawa Timur.

Pertamedika IHC, anak perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang kesehatan, menjadi pelaksana dalam memberikan pelayanan kesehatan berupa 2.000 pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 untuk masyarakat Jawa Timur. Pertamedika IHC menurunkan tim medis yang terdiri atas 8 swabber, 8 asisten swabber, dan 2 petugas administrasi.

Secara terpisah, CEO JSK Group Dennis Jang Sang Kyu menambahkan, untuk memastikan fasilitas pengujian yang aman dan akurat kepada massa, kami mengambil inisiatif mendatangkan alat-alat pengujian dari Korea, yaitu PCR swab kit, tenda medis yang bertekanan, serta bilik pengujian yang memungkinkan pengujian Covid-19 yang aman, baik untuk tenaga medis maupun pasien, secara berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)