Momen Haru Sandiaga Uno Bantu Nenek di Serdang Bedagai

Jum'at, 24 Juni 2022 - 08:00 WIB
loading...
Momen Haru Sandiaga Uno Bantu Nenek di Serdang Bedagai
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu nenek Ngatemi (69) saat kunjungan kerja ke Desa Wisata Buluh Berduri, Sipispis, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. FOTO/Ist
A A A
SUMUT - Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Buluh Berduri, Sipispis, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (23/6). Di sana, Sandiaga bertemu nenek Ngatemi (69). Awalnya, Sandiaga mencoba wahana arung jeram yang ada di Desa Wisata Buluh Berduri. Lalu setelah berganti pakaian, Sandiaga melihat Nenek Ngatemi.

Seusai berkeliling Desa Wisata Buluh Berduri, Sandiaga mendatangi rumah Nenek Ngatemi. Dalam kesempatan ini, Sandiaga memberikan bantuan modal usaha hingga kloset.

"Nanti sudah lengkap dengan semua peralatannya, jadi tinggal dipasang. Ini WC duduk. Ibu kan usianya juga sudah lanjut. Sekaligus juga saya serahkan bantuan untuk usahanya," ujar Sandiaga kepada Ngatemi.



Ngatemi pun tampak menangis bahagia. Sandiaga lantas menenangkannya. "Jangan menangis ibu, ibu yang penting bersyukur, doain kita, mudah-mudahan sekarang enggak usah lagi susah-susah malam-malam (buang air kecil dan besar) ke sungai," ucap Sandiaga.

Nenek Ngatemi merupakan seorang janda yang tinggal sendirian. Penghasilannya berasal dari para warga sekitar yang meminta bantuannya seperti mencuci piring, mencuci baju, hingga membersihkan rumah. Sementara, kedatangan Sandiaga ini terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sebab, Desa Wisata Buluh Berduri terpilih sebagai 50 besar desa/kampung wisata terbaik.



Desa ini menawarkan wisata arung jeram di aliran Sungai Bah Bolon. Ada pula Air Terjun Bahgua setinggi 25 meter hingga Batu Boru Manjile yang memiliki cerita sejarah Kerajaan Bajalingge.

Pengunjung juga bisa mencicipi beragam kuliner seperti mi glongsor, ikan cencen, hingga ombus-ombus. Lalu, aneka fesyen seperti ikat kepala laki-laki yakni gotong, hiasan kepala perempuan bernama bulang, dan kain tenun ulos.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)