Ini Deretan Penyebab BUMN Rugi, Nomor 5 Diungkap Sendiri oleh Erick Thohir

Sabtu, 25 Juni 2022 - 18:50 WIB
loading...
Ini Deretan Penyebab BUMN Rugi, Nomor 5 Diungkap Sendiri oleh Erick Thohir
BUMN rugi bisa disebabkan oleh banyak faktor yang keuangannya menjadi terganggu. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - BUMN rugi selalu menarik perhatian publik. Pasalnya, kerugian BUMN selalu dikaitkan dengan kerugian negara . Maklum, pemegang saham mayoritas BUMN adalah pemerintah.

Baca juga: Direksi dan Komisaris Tanggung Jawab Saat BUMN Rugi, Wamen Singgung Kinerja dan Keuangan

BUMN sebagai entitas bisnis, seperti halnya korporasi partikelir, memang selalu dihadapkan pada kerugian. Secara garis besar, ada dua faktor utama yang menyebabkan BUMN mengalami kerugian, yaitu ekstrenal dan internal.

Faktor eksternal terdiri dari kondisi perekonomian nasional dan global, penugasan, hingga kepentingan politik. Faktor internal di antaranya adalah miss manajemen dan tata kelola perusahaan yang buruk.

Disarikan dari sejumlah sumber, berikut sejumlah penyebab yang membuat BUMN mengalami kerugian.

1. Miss Investasi
Beberapa waktu lalu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan salah satu penyebab BUMN mengalami kerugian adalah miss investasi. Ada BUMN yang mengeluarkan uang besar-besaran untuk melakukan investasi yang sia-sia karena dilakukan tanpa kajian, sehingga berujung pada kerugian. Biasanya investasi itu ditanamkan di portofolio keuangan, seperti reksa dana dan saham. Jiwa Sraya bisa menjadi contohnya.

2. Mandeknya Pembayaran Public Service Obligation (PSO)

Kerugian BUMN juga bisa disebabkan oleh belum dibayarkannya dan public service obligation (PSO) oleh pemerintah. Sebagaiman diketahui sebagian besar BUMN menerapkan kebijakan PSO dan pembayarannya mandek sehingga perusahaan kesulitan keuangan.



3. Masuk ke Bisnis Properti
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1060 seconds (10.177#12.26)