Pertamina tuntaskan transaksi akuisisi blok minyak Aljazair

Kamis, 28 November 2013 - 09:32 WIB
Pertamina tuntaskan transaksi akuisisi blok minyak Aljazair
Pertamina tuntaskan transaksi akuisisi blok minyak Aljazair
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) hari ini mengumumkan penyelesaian transaksi dengan Conoco Phillips (NYSE:COP) untuk mengakuisisi unit bisnisnya di Aljazair, Conoco Phillips Algeria Limited (COPAL) dengan total nilai USD1,75 miliar atau sekitar USD1,65 miliar.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, akuisisi ini menjadikan Pertamina menguasai 65 persen participating interest di Blok 405a, yang memiliki tiga lapangan minyak utama, yaitu Menzel Lejmat North (MLN), Ourhoud dan EMK.

"Pertamina akan memiliki 65 persen participating interest dan bertindak selaku operator di lapangan MLN dan masing-masing 3,7 persen dan 16,9 persen di lapangan Ourhoud dan EMK. Sejak penandatanganan kesepakatan, lapangan EMK telah sukses memulai produksinya," kata Karen dalam rilisnya, Kamis (28/11/2013).

Dengan diperolehnya 65 persen hak partisipasi tersebut, Karen menjelaskan, Pertamina akan mampu memproduksi minyak berkualitas tinggi dalam jumlah yang besar dan diharapkan dapat mendorong terpenuhunya kebutuhan bahan bakar minyak internasional sejalan dengan upaya ekspansi Pertamina masuk ke pasar global.

"Akuisisi skala besar ini memberikan Pertamina minyak mentah kualitas tinggi dalam jumlah yang signifikan dan merepresentasikan milestone kunci pada upaya ekspansi bisnis upstream internasional Pertamina," ujar dia.

sementara, untuk pengoperasiannya, Pertamina telah menunjuk sejumlah rekanan strategis agar pengolahan minyak dari blok tersebut berjalan optimal.

"Pertamina siap bekerja sama erat dengan Sonatrach, ALNAFT, otoritas Aljaziar dan para mitra untuk secara penuh mengembangan potensi produksi minyak dari blok tersebut," tutur Karen.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5824 seconds (0.1#10.140)