Turki Ajak Pengusaha Indonesia Kenalkan Produknya ke Dunia

Selasa, 28 Juni 2022 - 15:39 WIB
loading...
Turki Ajak Pengusaha Indonesia Kenalkan Produknya ke Dunia
Perkuat hubungan diplomatik, Turki mengajak para pengusaha Indonesia untuk memperkenalkan produknya ke dunia. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pemerintah Turki mengundang para pebisnis Indonesia memperkenalkan produk tanah air ke Eropa. Kegiatan itu bagian dari peningkatan hubungan diplomatik Turki dan Indonesia yang sudah terjalin lama sejak 1950, termasuk dalam perdagangan.

“Saya melihat berbagai produk Indonesia yang cantik-cantik dengan kualitas yang sangat baik, saya rasa sudah sepantasnya jika produk-produk ini dapat ditampilkan di kancah internasional. Untuk itu saya mengundang para pebisnis Indonesia untuk hadir ke Turki memamerkan produk-produk unggulannya pada MUSIAD Expo 2022 yang akan datang supaya produk-produk yang cantik ini dapat lebih dikenal dunia.” ujar Madam Ambassador Askin ASAN yang sangat terkesan dengan produk-produk yang dipamerkan di ruang pamer Sarinah.

Dubes Turki yang didampingi pengurus MUSIAD Indonesia (Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen asal Turki, serta jajaran ID SEED (Indonesia Diaspora SME Export Empowerment Development), diterima Direktur Utama PT. Sarinah, Fetty Kwartati. Menurut Fetty kunjungan ini merupakan kehormatan bagi Sarinah Trading House yang membuka akses pasar mancanegara bagi UMKM Indonesia. Salah satunya Turki sebagai hub untuk pasar ke Eropa dan Asia Barat.

“Kami berharap kerjasama bisnis dengan Turki juga dapat memberikan Consumers' Insight bagi Sarinah agar dapat mengkurasi produk unggulan nusantara yang sesuai minat dan selera pasar Turki dan Eropa,” kata Fetty.

Baca Juga : Siap-siap! 4 Kota Ini Bakal Lebih Dulu Wajib Daftar Beli Pertalite

Kehadiran Dubes Turki juga sekaligus mencanangkan Kick-Off MUSIAD Expo 2022 untuk delegasi Indonesia yang akan berangkat ke Turki pada event pameran MUSIAD EXPO 2022, pameran dagang internasional terbesar Turki dua tahunan yang tahun ini akan diselenggarakan pada 2 - 5 November 2022 di Istanbul.

Ketua Panitia Delegasi Indonesia MUSIAD EXPO 2022, M. Azhar menyampaikan, tahun 2022 ini sudah yang ketiga kalinya delegasi Indonesia berpartisipasi di acara MUSIAD EXPO. Sebelumnya pada tahun 2018 dan 2020 Indonesia juga mengirimkan delegasi dan mendapatkan banyak permintaan untuk dapat mengekspor produk baik ke Turki maupun ke negara-negara lain peserta pameran.

"MUSIAD EXPO ini adalah pameran dagang internasional terbesar di Turki yang dihadiri oleh 105 negara. Produk-produk Indonesia banyak diminati oleh berbagai negara. Untuk itu kami mengajak mari kita sama-sama menampilan produk-produk unggulan Indonesia di kancah perdagangan internasional," papar Azhar.

Acara silaturahmi Dubes Turki beserta rombongan ke Sarinah Trading House tersebut dihadiri juga oleh para perwakilan kementerian dan lembaga negara, perwakilan BUMN, industri kreatif, industri manufaktur dan UKM serta perwakilan asosiasi usaha (KADIN, GPEI, ABDSI, YASMINA, KPMI), baik secara luring dan daring.

Ira Damayanti Ketua Umum ID SEED selaku pihak yang membidani pertemuan ini menambahkan, “Sudah menjadi tugas kami Indonesia Diaspora dari berbagai negara saling mengkoneksikan dan menjalin kemitraan antara entitas bisnis Indonesia dengan entitas bisnis dari berbagai negara,”

Menutup lawatannya, rombongan Dubes Turki bersama tim manajemen Sarinah mengelilingi Department Store yang menampilkan keragaman produk-produk unggulan Indonesia.

Baca Juga : Permudah UMKM Mengakses Permodalan, Bank DKI Diganjar Penghargaan
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1908 seconds (10.177#12.26)